kepuasan mahasiswa terhadap kualitas proses pembelajaran keperawatan anestesiologi di universitas ‘aisyiyah yogyakarta

joko murdiyanto, Nia Ayu Bintari

Abstract


Program Studi Keperawatan Anestesiologi merupakan program studi yang masih muda di Indonesia dan salah satu instansi penyedianya adalah Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Sebagai penyedia jasa pendidikan, dituntut tidak hanya menawarkan jasa dalam bentuk fisik saja, tetapi juga melayani mahasiswa lebih profesional sehingga mahasiswa merasakan kepuasan terhadap proses pembelajaran di jurusan yang telah dipilih. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran Keperawatan Anestesiologi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, disamping itu untuk mengetahui variabel-variabel mana yang memberikan kepuasan kepada mahasiswa serta implikasi strategis hasil penelitian guna peningkatan kepuasan mahasiswa di masa mendatang.

Penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangan studi cross-sectional dengan cakupan waktu bersifat one shot (satu titik waktu) dengan tipe data cross-section. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat pertama Jurusan Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta angkatan 2018/2019 berjumlah 125 orang. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif kemudian dikonversi dan disimpulkan ke dalam kesimpulan kualitatif.

Dari kelima aspek yang dinilai yaitu aspek tangible (bukti fisik), aspek reliability (kehandalan), aspek responsiveness (ketanggapan), aspek assurance (jaminan), aspek emphaty (empati) terhadap kualitas proses pembelajaran Keperawatan Anestesiologi di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta rata-rata mahasiswa sudah puas akan tetapi ada beberapa hal yang perlu dikaji dan tingkatkan lagi.

Keywords


keperawatan anestesiologi, kepuasan mahasiswa, proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Penata Anestesi. Jakarta: Kemenkes RI

Istiningtyas, L. Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. PSIKIS-Jurnal Psikologi Islami. 2017. Vol. 3 No. 2 :125-136.

Sopiatin. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010

Muafi, Siswanti, Y. Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. 2007. No. 03 TH. XXXVI.

Jaja. Manajemen Madrasah. Bandung: Alfabeta. 2013.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta. 2009

Sanjaya. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006

Noermijati. Kajian Tentang Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kebijakan Dosen di Fakultas Ekonomi UNIBRAW. Journal of Manajemen Business Review. 2010. Volume 7. No. 1: 33-43.

Al-Qur’an Karim




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v5i1.297

Article Metrics

Abstract view : 46 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats