hubungan dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat terhadap kesembuhan penderita tuberkulosis (tb) di kabupaten bantul

tri anisa kusumoningrum, nugroho susanto, v utari marlinawati, theresia puspitawati

Abstract


latar belakang: world health organization (who) 2017 diperkirakan kasus 1.020.000 kasus tuberkulosis di indonesia. masalah pada penderita tb adalah ketidak patuhan penderita tb paru. tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dan kepatuhan minum obat terhadap kesembuhan penderita tuberkulosis (tb) di kabupaten bantul.

metode penelitian: metode penelitian dengan rancangan cross-sectional. pengampilan sampel dilakukan dengan proposive sampling dengan jumlah sampel 39 penderita. analisis data dilakukan dengan analisis chi square.

hasil: ada hubungan dukungan informasional dan kepatuhan minum obat dengan nilai p = 0,008, ada hubungan antara dukungan penghargaan dan kepatuhan minum obat dengan p = 0,006, ada hubungan antara dukungan instrumental dan kepatuhan minum obat dengan p = 0,000, ada hubungan antara dukungan emosional dan kepatuhan minum obat dengan nilai p = 0,004 dan tidak ada hubungan antara kepatuhan minum obat dan kesembuhan pada penderita tb dengan nilai p = 0,254.

kesimpulan: ada hubungan antara dukungan informasional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan emosional dan kepatuhan minum obat karena  p-value sebesar ≤ 0,05 dan tidak ada hubungan antara kepatuhan minum obat dan kesembuhan pada penderita tb dengan nilai p-value ≥ 0,05.


Keywords


tuberkulosis, kepatuhan, kesembuhan

Full Text:

PDF

References


World Health Organization (2015) Global Tuberculosis Report 2015, 20 th Edition. Geneva, Switzerland.

Pitters, T. S., Kandou, G. D., & Nelwan, J. E. (2018). Dukungan Keluarga dalam Hubungannya dengan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberculosis Paru di Puskesmas Ranotana Weru. Jurnal KESMAS, Vol. 7.

Kementrian Kesehatan . (2018). Kementrian Kesehatan RI . Jakarta

Dinas Kesehatan Provinsi D.IY (2017). Profil Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017. Yogyakarta: Dinas Kesehatan.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan RI. Jakarta.

Susanto, N. (2010). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: digiBooks.

Berkanis, A. T., & Meriyanti. (2019). Pengaruh Dukungan Keluarga Penderita Tuberculosis (TB( terhadap Harga Diri Penderita Tuberculosis (TB) di Puskesmas Oebobo Kota Kupang. Jurnal Sains Terapan CHMK, Vol. 2 No. 3 .

Wijayanto , W. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kepatuhan Keputussaan pada Pasien Hemodialis di Ruang Hemodialis RSUD Panembahan Senopati Bantul. Skripsi

Fitria, R., & Febrianto, C. A. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberkulosis Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Gading Rejo 2015. Jurnal Dunia Kesmas, Vol 5 Nomor 1 .

Harlinawati. (2013). Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga . Sulawesi Selatan : Pustaka As Salam.

Muniroh, N., Aisah, S., & Mifbakhuddin (2013) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kesembuhan Penyakit Tuberculosis (TBC) Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang Semarang Barat.

Tode, R.S., Kurniasari, M.D., de Fretes, F., Sanubari, T.P.E., ( 2019) Gambaran Resiko Penularan Terhadap Keluarga dengan Pasien TB Paru di Salatiga, Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, Vol 4, Nomor 1, April 2019, pp. 55-65.

Susanto, N & Weraman, P (2014) Epidemiologi Kesehatan, Yogyakarta, Digibooks.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v5i1.299

Article Metrics

Abstract view : 451 times
PDF - 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats