Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Fungsi Perawatan Kesehatan dan Kualitas Hidup Lansia di Tegalsari Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

Arita Murwani, Riza Yuliana Amri, Anna Nur Hikmawati

Abstract


Latar Belakang : Pemberdayaan merupakan proses pemberian kekuatan atau dorongan sehingga membentuk interaksi transformatif kepada keluarga. Kualitas hidup merupakan konsep multi-dimensional yang mencakup domain yang berkaitan dengan fungsi fisik, mental, emosional, dan sosial. Lansia dalam Proses  penuaan  merupakan  suatu proses  alami  yang  tidak  dapat  dicegah  dan merupakan hal yang wajar dialami oleh orang yang  diberi  karunia  umur  panjang,  dimana semua orang berharap akan menjalani hidup dengan tenang, damai, serta menikmati masa pensiun  bersama  anak  dan  cucu  tercinta dengan  penuh kasih  sayang.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh  Pemberdayaan Keluarga Terhadap Kualitas Kesehatan Lansia di Dusun Tegalsari Tirtomartani Kalasan Sleman Penelitian ini  dilakukan di Dusun Tegalsari Wilayah Kerja Puskesmas Kalasan, Sleman.

Metode : Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 lnsia. penelitian ini  menggunakan uji t independen (Independen Samples Test) untuk mengetahui perbedaan kualitas kesehatan lansia sebelum dilakukan intervensi. Peneliti melakukan uji perbedaan kualitas kesehatan lansia  intervensi sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan menggunakan uji t dependen (Paired Sampel Test).

Hasil : Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 (nilai p). Hal ini menunjukan bahwa nilai p < 0,05 yang berarti Ho di tolak.

Kesimpulan : Ada Pengaruh sebelum dan sesudah diberikan penerapan pemberdayaan keluargai terhadap kualitas kesehatan lansia di Dusun Tegalsari Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

 

 

 


Keywords


pemberdayaan masyarakat, kualitas kesehatan, lansia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: PT Rineka Cipta

Anggraini, I., Zulfitri, R. dan Novayelinda, R. (2013) Hubungan Antara Status Spiritual Lansia Dengan Gaya Hidup Lansia. Jurnal Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau. (Diakses pada 30 Maret 2016)

Kemenkes RI,2002,Standar Pelayanan di Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI Jakarta

Effendi,Ferry. 2008,Keperawatan Kesehatan Komunitas,Salemba Medika Jakarta

González, Ana, L. dan Juana, G. B. (2013) Spirituality and Quality of Life and Its Effect on Depression in Older Adults in Mexico. Scientific Research (SciRes) Journal. (Diakses pada 2 November 2015)

Hasnani, F. (2012) Spiritualitas Dan Kualitas Hidup Penderita Kanker Serviks. Jurnal Politeknik Kesehatan Jakarta. (Diakses pada 15 April 2016)

Hamid, A. Y. S. (2009) Bunga rampai asuhan keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta: EGC

Jafari, N. (2014) Spiritual Well-Being and Quality of Life of Iranian Adults with Type 2 Diabetes. National Center for Biotechnology Information Journal. (Diakses pada 15 April 2015)

Komnas Lansia. (2011) Lanjut Usia Dan Dampak Sistemik Dalam Siklus kehidupan. Jakarta: Komisi Nasional Lansia

Riyanto,2007,Keperawatan Komunitas,EGC Jakarta

Safarudin, S. (2012). Hubungan Pola Terapi, Nilai Ureum-Kreatinin Plasma dan Hemoglobin Dengan Kualitas Hidup Pasien Hemodialysis Di RSUD Dr, Soedarso Pontianak. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatn Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia Depok

Sianipar. (2013). Hubungan Interaksi Sosial dengan Kualitas Hidup pada Lansia di Panti Whreda Budhi Dharma Bekasi.

Singarimbun, Masri & Effendi, Sofian. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Sola, AH. et al. 2007. Health Promotion Behaviours and Level of Activities of Daily Living and Instrumental Activities of Daily Living Among Elderly People in West Region of Tehran: A Cross-Sectional Survey Volume 2, Number 3 Salmand, Iranian Journal.

Stanley & Beare. (2006). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Alih Bahasa Juniarti dan Kurnianingsih. Jakarta: EGC.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulaeman, Endang Sutisna. (2012). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

---------------, Endang Sutisna. (2013). Model Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Kesehatan: Studi Program Desa Siaga. Surakarta: UNS Press.

---------------, Endang Sutisna. (2014). Promosi Kesehatan Teori Dan Implementasi Di Indonesia. Surakarta: UNS Press.

---------------, Endang Sutisna. (2016). Pembelajaran Model dan Teori Perilaku Kesehatan: Konsep dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press.

Sunario. (1999). Masyarakat Indonesia Memasuki Abad Kedua Puluh Satu. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sunaryo. Et al. (2016). Asuhan Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Supraba, Nandini Parahita. (2015). Hubungan Aktivitas Sosial, Interaksi Sosial, dan Fungsi Keluarga dengan Kualitas Hidup Lanjut Usia di Wilayah Kerja Puskesmas 1 Denpasar Utara Kota Denpasar. Thesis: Universitas Udayana.

Susenas. (2012). Statistik Penduduk Lanjut Usia. http://www.bappenas.go.id 09 September 2017 15.00

---------, (2014). Statistik Penduduk Lanjut Usia. http://www.bappenas.go.id 09 September 2017 15.00

Sutikno. (2011). Hubungan Fungsi Keluarga dengan Kualitas Hidup Lansia.

Sztompka, Piotr 2004. Sosiologi Perubahan Sosial Cetakan ke-3. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.

Mubarak,2005,Keperawatan Komunitas dan Keluarga,EGC Jakarta

Notoatmojo, 2007, Perilaku Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta

WHO, Intstrumen WHOQL, Pengukuran Kualitas Hidup Lansia, 2007, Diadposi dari Kemenkes RI




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v6i2.359

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats