hubungan pengetahuan dan sikap dengan praktik hygiene sanitasi penjamah makanan di sepanjang jalan raya tajem maguwoharjo yogyakarta tahun 2017

maryam maghafirah, sukismanto sukismanto, merita eka rahmuniyati

Abstract


Latar Belakang: Penjamah makanan adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan, pengangkutan, sampai penyajian. Penjamah makanan mempunyai peluang besar untuk menularkan penyakit yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Hygiene sanitasi penjamah makanan merupakan syarat utama agar tidak terjadi kontaminasi penyakit terhadap makanan yang disajikan.  Salah satu faktor yang mempengaruhi praktik hygiene sanitasi penjamah makanan adalah pengetahuan dan sikap. Hasil studi pendahuluan pada wawancara yang dilakukan pada penjamah makanan di sepanjang Jalan Raya Tajem Maguwoharjo, 5 dari 8 orang penjamah makanan tidak mengetahui tentang hygiene sanitasi penjamah makanan.

Tujuan: Mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan praktik hygiene sanitasi penjamah makanan di sepanjang jalan Raya Tajem Maguwoharjo, Yogyakarta

tahun 2017.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua penjamah makanan di sepanjang Jalan Raya Tajem Maguwoharjo. Jumlah sampel sebanyak 65 orang dengan teknik Purposive Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-square.

Hasil: Tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan praktik hygiene sanitasi penjamah makanan  di  sepanjang  Jalan  Raya  Tajem  (p=0,095)  dan  ada  hubungan  antara  sikap dengan  praktik  hygiene  sanitasi  penjamah  makanan  disepanjang  Jalan  Raya  Tajem dengan (p=0,032).

Kesimpulan:  Pengetahuan  tidak  ada  hubungan  dengan  praktik  hygiene  sanaitasi penjamah   makanan   karena   disamping   pengetahuan   masih   ada   faktor   lain   yang berpengaruh lebih kuat, sedangkan sikap ada hubungan dengan praktik hygiene sanitasi penjamah makanan karena sikap menentukan tingkah laku yang akan dikerjakan.

 


Keywords


pengetahuan, sikap, praktik hygiene sanitasi penjamah makanan.

Full Text:

PDF

References


Sumantri, A. (2013). Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Meikawati, W. et al. (2010). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Tentang Higiene Sanitasi Petugas Penjamah Makanan Dengan Praktek Higiene Sanitasi Di Unit Instalasi Gizi Rsj Dr Amino Gondohutomo Semarang 2008. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 6 No. 1 Tahun 2010.

Susilawati, Y. (2014). Gambaran Perilaku Penjamah Makanan Terhadap Keberadaan Kuman Pada Makanan di Warung Makan Sepanjang Jalan Raya Tajem Maguwoharjo. Skirpsi. Universitas Respati Yogyakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Makanan di Institusi.

Riyanto, A., & Budiman. (2014). Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Penelitian Kesehatan. Jakarta: Selemba Medika.

Priyoto. (2015). Perubahan Dalam Perilaku Kesehatan. Yagyakarta: Graha Ilmu.

Augustin, E. (2015). Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Higiene Sanitasi Pedagang Makanan Jajanan Di Sekolah Dasar Cipinang Besar Utara KotaMadya Jakarta Timur Tahun 2014. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Djarismawati. et al. (2004). Pengetahuan dan Perilaku Penjamah tentang Sanitasi

Pengolahan Makanan pad Instalasi Gizi Rumah Sakit di Jakarta. Artikel Media Litbang Kesehatan. Vol. XIV. No. 3 Tahun 2004.

Nuraini, P., & Dewi Susanna. (2014). Karakteristik dan Pengetahuan Penjamah Makanan Dengan Perilaku Tentang Higiene Perorangan Pada Proses Pengolahan Makanan Di Katering “X” Jakarta Tahun 2014. Jurnal Kesehatan masyarakat Universitas Indonesia (2014).




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v3i1.108

Article Metrics

Abstract view : 2116 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats