analisis faktor lingkungan fisik terhadap risiko stress kerja di cv natural palembang tahun 2017

Heriziana Heriziana, maria ulfah

Abstract


Latar belakang: Pekerja merupakan pemegang peranan penting dalam pencapaian produktivitas kerja, pekerja yang melakukan kerja berlebihan bahkan mengalami kelelahan dan kejenuhan akan berdampak penurunan tingkat produktivitas kerja. Saat ini, keselamatan dan kesehatan kerja sudah menjadi hal yang mutlak diperhatikan dalam dunia Industri. Sebuah survei di Amerika Serikat menemukan bahwa 46 persen pekerja merasakan pekerjaan mereka penuh dengan stress dan 34 persen berpikiran untuk keluar dari pekerjaan mereka, stress kerja ini merupakan satu dari penyakit akibat kerja.

Tujuan: untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan fisik terhadap risiko stress kerja di CV Natural Tahun 2017.

Metode: metode penelitian Survey Research Method dengan rancangan penelititian Cross Sectional.

Hasil: tidak ada hubungan antara kejadian stress dengan pencahayaan di CV Natural dengan nilai p value sebesar 0,580 akan tetapi jumlah pekerja yang mengalami stress lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak mengalami stress hal ini kemungkinan dikarenakan faktor lingkungan non fisik ditempat kerja, ada hubungan antara kejadian stress dengan suhu di CV Natural dimana nilai p value sebesar 0,0001, tidak ada hubungan antara kejadian stress dengan getaran di CV Natural karena nilai p value 0,441 dikarenakan para pekerja sudah terbiasa dengan mereka lakukan setiap hari.

Kesimpulan: tidak ada hubungan antara stress kerja dengan pencahayaan, ada hubungan antara stress kerja dengan suhu tempat kerja dan tidak ada hubungan antara stress kerja dengan getaran ditempat kerja.


Keywords


suhu; getaran; pencahayaan; stress; kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v3i2.179

Article Metrics

Abstract view : 721 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats