PENGARUH PERILAKU KETERATURAN TERAPI ARV PADA PASIEN HIV/AIDS TERHADAP PENCEGAHAN PENULARAN KELUARGA BERESIKO (OHIDHA) DI IPPI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Naomi Nisari

Abstract


Latar Belakang : Salah satu jenis penyakit menular yang menimbulkan angka kesakitan dan kematian tinggi adalah HIV / AIDS. Untuk mencapai fokus penyembuhan maka perlu adanya keteraturan minum Anti Retroviral (ARV). Keteraturan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sikap dan pengetahuan ODHA. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Ikatan Perempuan Positif Indonesia di Yogyakarta menunjukkan bahwa dari 5 pasien HIV ada 3 pasien mengatakan bahwa mereka masih mempunyai keluarga yang negatif HIV (Non Reaktif) baik suami ataupun anaknya, responden mengatakan paham dan sudah menjalankan terapi obat ARV secara teratur. Hal ini menunjukkan kesadaran positive ODHA terhadap minum obat ARV.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh keteraturan ARV terhadap keluarga beresiko ( OHIDHA) di IPPI Yogyakarta. Bagaimana Karakteristik umur, pendidikan, pekerjaan dapat mempengaruhi keteraturan untuk meminum ARV.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel 30 wanita ODHA di IPPI Yogyakarta dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian yaitu keteraturan ARV. Analisis data menggunakan Chisquare sebesar 0,011 (p value < 0,05).
Hasil : p value dari Chi Square sebesar 0,011 ( value < 0,05) artinya ada hubungan antara penularan OHIDHA dengan kepatuhan minum Obat ARV.
Kesimpulan : Keteraturan ARV Berpengaruh Terhadap Pencegahan Penularan Ke Pasangan Beresiko (OHIDHA) di IPPI DIY


Kata Kunci : Keteraturan ARV, pencegahan HIV. Ohidha, Terapi ARV


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v1i2.21

Article Metrics

Abstract view : 555 times
PDF - 475 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats