analisis kebutuhan ‘sidika’ sebagai media promosi kesehatan remaja

khoiriyah isni, lovandri dwanda putra, nuril anwar

Abstract


Remaja dan penggunaan teknologi smartphone berbasis android merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan pada jaman sekarang ini. Kondisi yang demikian dapat menjadi peluang petugas kesehatan dalam rangka meningkatkan cakupan Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Selama ini, cakupan program PKPR masih rendah. Hambatan dalam pelaksanaan program PKPR diantaranya belum adanya ruang konseling khusus PKPR dan ketersediaan media promosi kesehatan yang hanya terbatas dalam bentuk leaflet. Hal ini tidak sejalan dengan perkembangan teknologi yang dialami oleh para remaja untuk mengakses informasi kesehatan. sehingga, dibutuhkan suatu penilaian kebutuhan remaja terhadap materi dan media informasi kesehatan untuk mendukung program PKPR dan mengurangi angka masalah kesehatan remaja.

Menilai kebutuhan remaja terkait dengan materi kesehatan dan media informasi kesehatan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan remaja guna mendukung cakupan program PKPR

 Penelitian ini termasuk dalam penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan jumlah responden sebanyak 64 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling.  Instrument penelitian berupa lembar kuesioner yang berisi tentang kebutuhan materi dan media informasi kesehatan remaja. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji univarat

Sebagian besar responden merasa sangat membutuhkan materi kesehatan remaja, hanya sebesar kurang dari 25% responden yang merasa tidak membutuhkan. Sebesar 90.63% responden merasa membutuhkan media konseling kesehatan remaja secara online dan responden tertarik untuk mencoba aplikasi kesehatan berbasis android (64.06%).

Harapannya dapat dikembangkan aplikasi menggunakan teknologi smartphone berbasis android sebagai sarana konseling remaja dalam rangka menurunkan angka kasus masalah kesehatan remaja.


Keywords


penilaian kebutuhan, promosi kesehatan, android, remaja

Full Text:

PDF

References


Moghaddam HT, Bahreini A, Abbasi MA. Adolescence Health : the Needs , Problems and Attention. Int J Pediatr. 2016;4(26):1423–38.

Badan Pusat Statistik. BPS Provinsi D. Daerah Istimewa Yogyakarta; 2018.

Muflih, Hamzah, Puniawan WA. Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial pada Remaha di SMA Negeri I Kalasan Selaman Yogyakarta. Idea Nurs J. 2017;VIII(1):12–8.

Kresna. Dalam setahun, 976 pelajar Yogyakarta hamil di luar nikah _ merdeka. Merdeka.

Lestari AY, Suherni, Kusmiyati Y. Perilaku seksual. J Kesehat Ibu dan Anak. 2015;7(1):6–10.

Doni FR. Perilaku Penggunaan Smartphone pada Kalangan Remaja. J Speed - Sentra Penelit Eng dan Edukasi. 2017;9(2):16–23.

Departemen Kesehatan R. Pedoman Perencanaan Pembentukan dan Pengembangan Puskesmas Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Kabupaten/Kota. 2008.

Shakour M, Salehi K, Yamani N. Reproductive Health Need Assessment of Adolescent Boys and Girls during Puberty : A Qualitative Study. Int Jpurnal Pediatr. 2018;6(57):8195–205.

Treveli S, Devi S. A Study to Assess the Knowledge and Attitude of Drug Addiction among Adolescent Boys in Selected Pre-University Colleges in Pune. Int J Recent Sci Res. 2016;7(5):11293–5.

Widodo STM. Analisis Kendala dan Kebutuhan Remaja akan Layanan dan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta. J Med Respati. 2015;10(1):51–9.

Mediastuti F. Analisis Kebutuhan Sumber Informasi dalam Upaya Pencegahan Kehamilan pada Remaja. J Stud Pemuda. 2014;3(1):17–24.

Chan A, Kow R, Cheng JK. Adolescents’ Perceptions on Smartphone Applications (Apps) for Health Management. J Mob Technol Med. 2017;6(2):47–55.

Brayboy LM, Ba AS, Bs TM, Ma LS, Landgren-mills BS, Ba NS, et al. Original Study Girl Talk : A Smartphone Application to Teach Sexual Health Education to Adolescent Girls. J Pediatr Adolesc Gynecol [Internet]. 2016;30(1):23–8. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.jpag.2016.06.011




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v4i1.225

Article Metrics

Abstract view : 679 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats