analisis faktor pendorong dan faktor penghambat penerapan kebijakan green hospital di rs mekarsari kota bekasi tahun 2018

Victor E. D Palapessy, Budi Hartono, Samingan Samingan

Abstract


National Health Service di Inggris menghitung jejak karbon di sektor kesehatan lebih dari 18 juta ton CO2 setiap tahun mewakili 25% dari total emisi sektor publik.Konsep Green Hospitalmenjawab masalah yang tengah menjadi isu global saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan menjelaskan faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pelaksanaan green hospital yang berlaku di RS Mekarsari kota Bekasi.

Penelitian ini menggunakan desain RAP (Rapid Assesment Procedure) dan analisis data menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Process). Informan sebanyak 5 orang, yaitu Direktur RS, Manager Bagian Penunjang Medik, Kepala Instalasi Sanitasi Lingkungan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Kepala Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPSRS) dan Koordinator Kebersihan.

Faktor pendorong terbesar pada kriteria efisiensi penggunaan air dengan indicator adanya kebijakan hemat air sebesar 16,37% dan tersedianya fasilitas daur ulang air limbah sebesar 13.84%. Pada kriteria efisiensi penggunaan energi dengan indicator memakai lampu LED, penggunaan AC hemat energi, penggunaan lampu energi matahari dan adanya kebijakan tentang efisiensi energi masing-masing sebesar 10.68%.Sedangkan faktor penghambat terbesaryaitu pada kriteria efisiensi penggunaan air dengan indikator tidak tersedia fasilitas daur ulang air limbah sebesar 12,85%, kriteria efisiensi penggunaan energi dengan indicator tidak memakai lampu ruangan dengan LED, tidak menggunakan AC hemat energi, tidak menggunakan lampu energi matahari, masing-masing sebesar 10,86% kemudian indikator tidak ada kebijakan sebesar 9,96%.

Pelaksanaan green hospital di RS Mekarsari tergolong cukup baik. Mengingat bahwa RS Mekarsari ini adalah RS pertama di Kota Bekasi yang menerapkan pelaksanaan green hospital.


Keywords


green hospital, kebijakan, faktor pendorong dan penghambat

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Depkes RI. 2009. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Hardiansyah. 2016. Studi Kasus Pelaksanaan Green Hospital Di Rumah Sakit Umum Daerah R. Syamsudin, SH Kota Sukabumi.Universitas Gadjah Mada.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). 2012. Menerapkan Green Hospital di Rumah Sakit.

PKMK. 2015. Panduan-Green-Hospital-Sedang-Disusun-Kemenkes-dan-GBCI http://www.kebijakankesehatanindonesia.net/v13/component/content/article/73-berita/1455-panduan-green-hospital-sedang-disusun-kemenkes-dangbci.html. diakses 20 Maret 2018

Tarmin. 2016. RS Mekarsari Deklarasi Green Hospital Pertama di Kota Bekasi. Swara Bekasi. Bekasi (diunduh tanggal 05 april 2018)

Saaty, T.L. 2008. Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences13.

Indah Anggraini, Puja. 2013. Ramah Lingkungan Dengan Green Hospital.

Nugraha, Eka Surya. 2014. Green Hospital Pendekatan Baru Dalam Pengelolaan Rumah Sakit di RS Persahabatan dan RS Kanker Darmais.I [Tesis]. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Mayangkusuma, Ardini. 2017. Evaluasi Penerapan Prinsip Green Hospital Pada Design Gedung Lima Lantai di RS Jiwa Daerah Surakarta. [Tesis]. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Iswanto, Dhanoe. 2011. Bangunan Rumah Sakit Yang Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmiah Perancangan Kota dan Pemukiman. Universitas Diponegoro.

Putri, Chauliah Fatma. Purnomo, Dwi &Astuti, Eny. 2016. Analisis Kesiapan Rumah Sakit Menuju Ramah Lingkungan (Green Hospital) di Kota Malang. (Seminar nasional inovasi dan aplikasi teknologi di industry).

Zamakhsyari, Farid. 2013. Implementasi konsep green hospital pada rumah sakit Panti Nugroho Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada

Andini, Rizky dan Utomo, Christiono. 2014. Analisa Pengaruh Penerapan konsep green building terhadap keputusan investasi pada nasional hospital Surabaya. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.

Tehrani, M. D., H. Bahmanpour, M. Zaeimdar, and L. Taghavi. 2014. Identifying and Prioritizing Green Management Indicators in the Fields of Energy and Waste. Current World Environment, 9(3), p.797.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v4i1.226

Article Metrics

Abstract view : 1139 times
PDF - 285 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats