ANALISIS KEMAMPUAN (ATP) DAN KEMAUAN (WTP) MEMBAYAR PREMI BPJS KESEHATAN PEKERJA OLEH PEMILIK UKM DI PERTOKOAN TEKSTIL DI JALAN URIP SUMOHARJO, KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

Rini Pratiwi, L. Moh. Said Ramadlan

Abstract


Latar Belakang : Kota Yogyakarta memiliki kepesertaan BPJS yang paling rendah sebesar 36,19 persen di Provinsi DIY. Sebagian besar dari pemilik toko tekstil merupakan orang asing yang tinggal di Indonesia, pengetahuan akan BPJS Kesehatan masih kurang. Sehingga perlu diadakannya analisis tentang kemampuan dan kemauan pemberi kerja dalam membayar premi BPJS Kesehatan pekerjanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan (ATP) dan kemauan (WTP)  membayar premi BPJS Kesehatan pekerja oleh pemilik UKM di pertokoan tekstil di Jalan Urip Sumoharjo, Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan case study. Teknik sampling yang diambil secara purposive sampling.

Hasil : Para pemberi kerja sebenarya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membayar premi BPJS Kesehatan yaitu sebesar ≥ Rp.1.000.000/bulan/orang. Seluruh informan mengatakan bahwa mereka memiliki kemauan dalam membayar premi BPJS Kesehatan, akan tetapi mereka masih belum memiliki banyak waktu untuk mendaftarkan pekerja mereka, selain itu mereka juga banyak mengeluhkan pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan dan pelayanan fasilitas kesehatan masih kurang maksimal.

Kesimpulan: Para informan sebenarnya memiliki kemampuan yang baik dalam membayar premi BPJS Kesehatan pekerja mereka, untuk kemauan mereka mengaku memiliki kemauan yang besar akan tetapi karena pelayanan BPJS Kesehatan dan Pelayanan fasilitas kesehatan yang masih sangat kurang, sehingga masih banyak karyawan yang belum mereka daftarkan.

 Kata Kunci : ATP, WTP, Premi BPJS Kesehatan




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v1i2.24

Article Metrics

Abstract view : 823 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 341 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats