GAMBARAN KEPADATAN DAN TEMPAT POTENSIAL PERKEMBANGBIAKAN JENTIK Aedes sp. DI TEMPAT-TEMPAT UMUM WILAYAH KERJA PUSKESMAS UMBULHARJO I KOTA YOGYAKARTA

Nidar Rabiatun Pohan, Nur Alvira Pasca Wati, Muhamad Nurhadi

Abstract


Latar Belakang : Kota Yogyakarta merupakan wilayah endemis penyakit DBD. Salah satu tempat potensial penularan DBD adalah tempat-tempat umum (TTU) yang merupakan tempat berkumpulnya orang dari berbagai wilayah dimana kemungkinan terjadinya penularan tinggi. Ttujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepadatan dan tempat potensial perkembangbiakan jentik Aedes sp. di TTU wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Kota Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian Mix Methode (gabungan) yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Besar sampel pada penelitian ini yaitu 154 TTU dan 6 informan.

Hasil: Sebagian besar jenis jentik yang ditemukan yaitu Aedes aegypti (79%) pada bak mandi sebanyak 40 (33,3%) dengan bahan dasar kontainer keramik sebanyak 37 (34,9%) dan terletak di dalam TTU dengan positif jentik sebanyak 76 (13,4%). TTU yang tidak melaksanakan pengawasan jentik dan positif jentik sebanyak 33 (53,2%), dan tidak mendapatkan Pemeriksaan Jentik Berkala dan positif jentik sebanyak 53 (42,7%). Kontainer positif jentik dengan pencahayaan  kurang sebanyak 66 (29,3%). Kepadatan jentik Aedes sp. berbasis HI 36,36 %, CI 13,57% dan BI 84%. Tempat potensial perkembangbiakan jentik Aedes sp. berbasis Maya Index pada kategori sedang sebanyak 90 (58,44%).

Kesimpulan: Kepadatan jentik di TTU berada pada daerah kuning dan  tempat perkembangbiakan jentik Aedes sp. pada kategori sedang yang artinya masyarakat yang berada di sekitar wilayah TTU perlu waspada terhadap penularan penyakit DBD.

Kata Kunci: Kepadatan jentik, Tempat potensial perkembangbiakan jentik Aedes sp. TTU




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v1i2.25

Article Metrics

Abstract view : 1000 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats