PERAN PETUGAS KESEHATAN DALAM PENANGGULANGAN GAKY DI PUSKESMAS CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN DI YOGYAKARTA

Ayu Fitriani, Yuliana Purnama Sari Min

Abstract


Intisari

 Daerah Cangkringan merupakan daerah yang sebelumnya merupakan daerah endemis GAKY dan menjadi non endemis GAKY. Hasil survei GAKY Kabupaten Sleman tahun 2003 angka TGR  tertinggi 39,5% adalah Kecamatan Cangkringan. Pemeriksaan terhadap sampel garam pada Puskesmas Cangkringan  menghasilkan data, yaitu pada tahun 2010 yang diambil sampel dari 5 desa yaitu, Desa Wukirsari, Desa Argomulyo, Desa Glagaharjo, Desa Kepuharjo, dan Desa Umbulharjo kategori desa yang memiliki garam beryodium yang baik adalah Desa Glagaharjo dan Desa Umbulharjo sebesar 40 %. Dari hasil pemeriksaan garam tingkat rumah tangga, setiap desa sudah menggunakan garam beryodium. Tujuan penelitian ini mengetahui peran petugas kesehatan dalam penanggulangan GAKY di Puskesmas Cangkringan Kabupaten Sleman DI Yogyakarta.

Metode Penelitian : Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Cangkringan Sleman, DIY. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Informan penelitian adalah Kepala Puskesmas, Kepala Subbagian Tata Usaha dan Petugas Gizi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam.

Hasil menunjukkan peran Kepala Puskesmas, Kepala Subbagian Tata Usaha dan Petugas Gizi dalam perencanaan sebagai perumusan program, penentu anggaran, pengorganisasian sebagai pengambil kebijakan, pembagian tugas, pelaksanaan kegiatan berperan sebagai melibatkan lintas sektor dan lintas program sebagai penggerak kegiatan, pemantauan berperan sebagai manajerial kegiatan serta melakukan pemeriksaan garam beryodium dan evaluasi berperan koordinator evaluasi dalam memberikan intervensi kegiatan penanggulangan GAKY di masyarakat yang dilakukan pada saat RAKOR desa dan pertemuan lainnya yang dilaksanakan di desa wilayah kerja Puskesmas Cangkringan.

Keberhasilan penanggulangan GAKY di Puskesmas Cangkringan tidak terlepas dari peran petugas kesehatan dalam fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan yang dijalankan sebagai patokan dalam mencapai keberhasilan program penanggulangan GAKY.

 

Kata Kunci : Peran,  petugas kesehatan, penanggulangan, GAKY, fungsi manajemen




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v1i1.4

Article Metrics

Abstract view : 473 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats