Efektivitas Pelatihan Sistem Surveilans bagi Alumni dengan Metode Online di Masa Pandemi Covid-19

Nur Alvira Pascawati, Nugroho Susanto, Naomi Nisari Rosdewi, Yelli Yani Rusyani

Abstract


Pandemi COVID-19 memberikan dampak di berbagai sektor khususnya bidang pendidikan dan pelatihan yang saat ini berubah menjadi sistem online. Saat ini kebutuhan pelatihan sistem surveilans bagi para alumni yang bekerja dalam bidang surveilans sangat diperlukan untuk membantu mengendalikan penyebaran Covid-19 melalui penerapan kegiatan 3T (Tracing, Testing dan Treatment). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan sistem surveilans bagi alumni dengan metode online di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperiment dengan desain one group pre test-post test. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 alumni peminatan epidemiologi dan penyakit tropis yang berkerja di sektor kesehatan. Analisis data dilakukan dalam 2 tahap yaitu deskriptif dan uji beda (paired sample t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pelatihan online secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan para alumni tentang metode surveilans di masa Pandemi Covid-19 dan mereka menyatakan bahwa dapat tetap aktif dalam setiap pembelajaran yang diberikan dan kualitas penugasan dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran. Beberapa kendala sarana prasarana seperti ketidakstabilan jaringan internet dan konkesi audio dan video cukup mempengaruhi fokus dari peserta.


Keywords


Pelatiha, Surveilans, Online, Alumni, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Muhyiddin. Covid-19-New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning. 2020; IV (2): 240-252.

PR Lowenthal, BG Wilson, and P. Parrish. Context Matters: A Description and Typology of the Online Learning Landscape,” in 32nd Annual Proceedings: Selected Research and Development Papers. Presented at the Annual Convention on the Association for Educational Communication and Technology. 2012; pp. 161–172.

M Nichols, A Theory for e-Learning Pre-Discussion Paper. Educ. Technolgy Soc. 2003; 6 (2): pp. 1–10

S Burgess, How we should deal with the lockdown learning loss in England’s schools | VOX, CEPR Policy Portal. Research-based Policy Analysis and Commentary form Leading Economists. 2020; 16,2020.

EA Hanushek and L Woessmann. The Economic Impacts of Learning Losses. 1st ed. Paris; 2020.

Prabu D & Simanjuntak D. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja pada Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Jurnal Ecobisma. 2017; 4(2): 64-76.

Kementerian Kesehatan RI. Surveilans Strategi Utama Perangi Covid 19. Subdit Sureilans. Jakarta; 2020.

Pilot E, Nittas V, Murthy GVS. The organization, implementation, and functioning of dengue surveillance in India: a systematic scoping review. Int J Environ Res Public Health. 2019;16 (4):1–15.

Rodríguez S, Sanz AM, Llano G, Navarro A, Parra-Lara LG, Krystosik AR, et al. Acceptability and usability of a mobile application for management and surveillance of vector-borne diseases in Colombia: An implementation study. PLoS One. 2020;15(5 May):1–12.

Susanto N, Pascawati NAP, Rodewi. Efektifitas Aplikasi Kobotoolbox Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petugas Surveilans Demam Berdarah Dengue. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati. 2021;6 (1):59-68.

Desi Arwanti, Yusuf Sabilu, Ainurafiq. Pelaksanaan Surveilans Epidemiologi di Puskesmas Se-Kota Kendari tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2016;1 (3)

Permenkes. Penyelenggaraan Surveilans Kesehatan. Peraturan Menteri Kesehatan RI. 2014

DCP2. Public Health Surveillance: The best weapon to avert epidemics. Disease Control Priority Project; 2008.

Arias Kathleen M. Investigasi dan Pengendalian Wabah di Fasilitas Pelayanan

Kesehatan, EGC, Jakarta; 2010

Effendy I. Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW. DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 2016; 1(2), 8188.

Wuhib T, Chorba TL, Davidiants V, MacKenzie WR, McNabb SJN. Assessment of the Infectious Diseases Surveillance System of the Republic of Armenia: an example of surveillance in the Republics of the former Soviet Union. BMC Public Health, 2002;2(3)

McNabb SJN, Chungong S, Ryan M, Wuhib T, Nsubuga P, Alemu W, Karande-Kulis V, Rodier G. Conceptual framework of public health surveillance and action and its application in health sector reform. BMC Public Health. 2020;2(2).

Giesecke J. Modern Infectious Disease Epidemiology. London. 2002.

JHU. Disaster Epidemiology. Baltimore MD: The Johns Hopkins

and IFRC Public Health Guide for Emergencies;2006

Takdir. Analisis Kinerja, Kualitas Data, dan Usability Pada Penggunaan Capi untuk Kegiatan Sensus/Survey. Jurnal Aplikasi Statistika dan Komputasi Statistika. 2018; 10 (1):2086-4132.

Suciati, Prasetya I. Teori Belajar dan Motivasi. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka; 2001.

Supriadi, Putri P. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan. J Bisnis Terap. 2020;2(2):130–7.

Zulfikar AF, Muhidin A, Pranoto, Suparta W, Trisetyarso A, Abbas BS, et al. The effectiveness of online learning with facilitation method. Procedia Comput Sci. 2019;161:32–40.

Fuadi A. Efektivitas Pembelajaran Daring Wawasan Kebangsaan. Andragogi J Diklat Tek Pendidik dan Keagamaan. 2021;9(1):13–23.

Partlow KM, Gibbs WJ. Indicators of constructivist principles in internet-based courses. J Comput High Educ. 2003;14(2):68–97.

Dembo MH, Eaton MJ. Self-regulation of academic learning in middle-level schools. Elem Sch J. 2000;100(5):472–90.

Riry M. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Junral Penyesuaian pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukittinggi dengan Metode Bermain Peran. Pakar Pendidik. 2012 Jul;10(2):151–62.

LaRose R, Whitten P. Re-thinking instructional immediacy for web courses: A social cognitive exploration. Commun Educ. 2000;49(4):320–38.

O’Callaghan S, Elson R, Walker J. Using role play as an experiential learning tool to introduce students to auditing. ABD J. 2012;4(2):1–24.

Nadeak B. Buku Materi Pembelajaran Manajemen Pelatihan dan Pengembangan. 1st ed: I. Jatmoko, Ed: Jakarta: UKI Press; 2019.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v7i2.425

Article Metrics

Abstract view : 637 times
PDF - 326 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats