Kesiapsiagaan Siswa terhadap Erupsi Gunung Merapi melalui Video Animasi di SD N Kepuharjo Cangkringan Sleman

Nanang Kurniawan, Novita Nirmalasari

Abstract


Bencana letusan gunung berapi adalah peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat serta lingkungan. Salah satu upaya penanggulangan dampak bencana yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kesiapsiagaan. Komunitas sekolah sebagaipemangku kepentingan atau stakeholder yang berperan dalam hal menyebarluaskan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan siswa di SDN Kepuharjo dalam menghadapi erupsi gunung Merapi. Metode penelitian ini menggunakan Quasi-eksperimental One-Group Pretest-Posttet design dengan pendekatan kuantitatif. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 39 siswa. Intervensi dileucine dengan pemutaran video animasi mitigasi bencana. Pengukuran kesiapsiagaan bencana dilakukan sebelum dn sesudah intervensi. Analisa data univariat menggunakan persentase dan frekuensi, uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan rerata kesiapsiagaan siswa setelah intervensi lebih tinggi (91,57) daripada sebelum Intervensi (66,98). Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan Kesiapsiagaan siswa yang bermakna antara sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai p-value (0,000<0,05). Kesimpulan dari penelitian yaitu ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kesiapsiagaan siswa di SD N Kepuharjo dalam menghadapi erupsi gunung Merapi.

Keywords


kesiapsiagaan bencana; mitigasi bencana; video animasi

Full Text:

PDF

References


Sesa Wiguna, Osmar S, Rahmawati, W SA, Z. AF, Shabrina, et al. Indeks Resiko Bencana Indonesia. Yunus R, editor. Jakarta: IRBI; 2020.

Yanuarto T, Pinuji S, Utomo AC, Satrio IT. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. In: Yanuarto T, editor. Keempat. Jakarta: Pusat Data Informasi dan Humas BNPB; 2019.

BPBD DIY. DIBI Daerah Istimewa Yogyakarta. In Yogyakarta; 2020.

BPPTKG. Aktivitas Gunung Merapi Terkini Tanggal 10 Maret 2022 [Internet]. BPPTKG. 2022 [cited 2022 Mar 14]. Available from: https://geologi.esdm.go.id/id/media-center/arsip-berita/aktivitas-gunung-merapi-terkini-tanggal-10-maret-2022

Hayudityas B. Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal. 2020;1(2):94–102.

Nugroho A. Pengembangan Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Gunung Meletus Di Sekolah Dasar Lereng Gunung Slamet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. 2018;1(2):131–7.

Atmojo ME. Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. 2020;3(2):4–6.

Sudarwan Danim (ed.). Pengembangan profesi guru. ketiga. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kencaa; 2015.

Indriasari FN. Pengaruh pelatihan siaga bencana gempa bumi terhadap kesiapsiagaan anak sekolah dasar dalam menghadapi bencana. Jurnal ICT. 2017;(pelatihan siaga bencana):1–8.

Konsorsium Pendidikan Bencana Indonesia . Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Jakarta: Konsorsium Pendidikan Bencana; 2011.

Setyaningrum N, Darmawan AI, Nurhidayah. Education of the animated video of the mount merapi disaster on preparedness for students. 2021;11:791–8.

Saparwati M. Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Dengan Video Animasi Pada Anak Usia Sekolah. 2019;2(1):23–8.

Rahil NH, Amestiasih T. Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Kesiapsiagaan Pemuda dalam Menghadapi Bencana Gempabumi. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 2021 May 6;6(1):107.

Rahmi Yuberta K, Setiawati W, Kurnia L. Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama. 2020;2(1):81.

Wijaya R, Fahinu F, Ruslan R. Pengaruh Kecemasan Matematika dan Gender Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 2019;9(2):173.

Sabani F. Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan. 2019;8(2):89–100.

Purnama S. Jurnal Pendidikan Anak , Volume 11 ( 1 ), 2022 , 68-77 Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. 2022;11(1):68–77.

Vidayanti V, Tungkaki KT putri, Retnaningsih LN. Pengaruh Pendidikan Seks Dini Melalui Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Seksualitas Di Sdn Mustokorejo Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 2020;5(2):203.

Kartika SA, Ningsih EW. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Desa Lawe-lawe, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 2020;4(1):146–55.

Wahyuni NKAPC. Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Merapi. Poltekes Kemenkes Denpasar; 2018.

Cahyani CA, Fita M, Untari A, Ardiyanto A. Penerapan Media Video Animasi Bencana Alam Gunung Berapi ( BELAGUPI ) dengan Model Pembelajaran STAD. 2020;4:289–95.

Parasyanti NKV, Yanti NLGP, Mastini IGAAP. Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi. 2020;9(1):122.

Sasmitha NR, Ilmi AA, Huriati. Peningkatan Pengetahuan Tentang Cucu Tangan Melalui Pendidikan Kesehatan Dengan Audiovisual. 2017;2:43–51.

Mahendra YM, Laila A, Santi NN. Pengembangan Media Audio untuk Meningkatkan Kemampuan Menghubungkan Siklus Hidup dan Pelestariannya. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 2020;

Hadi S. Efektifitas Penggunan Video Sebagai Media Pembelajaan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs. 2017;Tema: 1 No:96–102.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v8i2.479

Article Metrics

Abstract view : 383 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats