Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Angkatan 2019 Universitas Respati Yogyakarta Selama Perkuliahan Online di Masa Pandemi

Novriana Manik, Suwarto Suwarto, Hesti Yuningrum, Naomi Nisari Rosdewi

Abstract


Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus jenis baru yaitu coronavirus yang pertama kali muncul pada Desember 2019 di Wuhan. Pandemi Covid-19 membuat semua negara, termasuk Indonesia, menerapkan pembatasan pergerakan penduduk dalam suatu wilayah terhadap segala bentuk aktivitas masyarakat di tempat-tempat umum, termasuk lembaga pendidikan. Selama pandemi Covid-19 pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara online. Perubahan ini membutuhkan adaptasi bisa diterima secara langsung, serta adanya tuntutan maupun kendala selama prosesnya yang bisa mengakibatkan stres akademik berdasarkan aspek ekspetasi akademik, tuntutan perkuliahan dan ujian, dan persepsi diri akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres akademik pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Angkatan 2019 Universitas Respati Yogyakata selama perkuliahan online di masa pandemi. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian yaitu analisis univariat yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan karakteristik setiap variabel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada 92 responden, terdapat 14 (15.2 %) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori rendah, 61 (66.3 %) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori sedang, dan 17 (18.5 %) mahasiswa mengalami stres akademik pada kategori tinggi. Tingkat stres akademik mahasiswa kesehatan masyarakat angkatan 2019 selama perkuliahan online dimasa pandemi pada kategori sedang

Keywords


stres akademik, mahasiswa, pembelajaran daring, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adrian, F. A., Putri, V. S., & Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66–73.

Sukesih, Usman, Budi, S.,& Sari, A. N. D. (2020). Pengetahuan Dan Sikap Mahasiswa Kesehatan Tentang Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 11(2), 410–414.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020a). Gejala Virus corona https://g.co/kgs/XsBUQk . Diakses tanggal 10 Desember 2021.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Data Sebaran Covid-19 Di Indonesia 01 Oktober 2022 https://covid19.go.id/ .Diakses 01 Oktober 2022.

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. (2022). Data Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta 10 Agustus 2022. https://corona.jogjakota.go.id/. Diakses 01 Oktober 2022.

Fauziyyah, R., & Awinda, R. C. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi Covid- 19. Bifokes, 1(2), 113–123.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39.

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–50

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placetu: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Hasanah, U;, Ludiana;, Immawati;, & Livana. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Bedewy, D., & Gabriel, A. (2015). Examining perceptions of academic stress and its sources among university students: The Perception of Academic Stress Scale. Health Psychology Open, 2(2), 1–9.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif,Kualitatif dan R&D. In Alfabeta : Bandung.

Afani. (2021). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Angelica, H., & Hemme, T. E. (2021). Stres Dan Koping Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 28–34.

Hamzah, & Rahmawati. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67.

Chaterine, R. N. (2020). Siswa Belajar Dari Rumah, KPAI: Anak-Anak Stres Dikasih Banyak Tugas. Detik News. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa- belajar-dari-rumah-kpaianak-anak-stres-dikasih- banyak-tugas.

Rakhmawati, I., Farida, P., & Nurhalimah. (2014). Sumber Stress Akademik dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta. Jurnal Keperawatan, 2 (3), 72–84.

Pascoe, M. C., Hetrick, S. E., & Parker, A. G. (2020). The impact of stress on students in secondary school and higher education. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 104–112.

Govaerts, S., & Grégoire, J. (2004). Stressful academic situations: Study on appraisal variables in adolescence. Revue Europeenne de Psychologie Appliquee, 54 (4), 261–271. https://doi.org/10.1016/j.erap.2004.05.001

Yikealo, D., Yemane, B., & Karvinen, I. (2018). The Level of Academic and Environmental Stress among College Students: A Case in the College of Education. Open Journal of Social Sciences, 06 (11), 40–57. https://doi.org/10.4236/jss.2018.611004

Harahap, A. C. putri;, Harahap, D. Permatasari;, & Harahap, S. Rivai. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10– 14.

Livana, Mubin, F.,M., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Fitrianai, W., Asmita, W., Hardi, E., Silviaentri., & David (2020). Kuliah Daring: Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa dan Faktor yang Mempengaruhinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 147-176.

Murwani, A dan Utari, H.S. (2021). Hubungan Kecemasan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Stikes Surya Global Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati. 6(2): 129-136




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v8i2.506

Article Metrics

Abstract view : 353 times
PDF - 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats