Intensitas Mengakses Media Sosial Instagram dan Kebiasaan Mengonsumsi Fast Food Pada Remaja Putri Di Desa Caracas Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Ayu Fitriani, Osi Wulida Nisfilaeliah, Soepri Tjahjono

Abstract


Kemajuan teknologi menyebabkan tingginya intensitas mengakses media sosial instagram. Remaja putri lebih mudah dipengaruhi oleh instagram. Kebiasaan makan remaja putri cenderung lebih sering mengonsumsi fast food. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mengakses media sosial instagram dengan kebiasaan mengonsumsi fast food pada remaja putri di Desa Caracas Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian adalah remaja putri di Desa Caracas berusia 17-21 tahun sebanyak 124 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sebanyak 95 responden. Intensitas mengakses media sosial instagram diukur menggunakan kuesioner, dan kebiasaan mengonsumsi fast food menggunakan FFQ. Analisis bivariat menggunakan uji statistic chi-square dengan tingkat kesalahan α=5%. Hasil penelitian ini adalah intensitas mengakses media sosial instagram termasuk kedalam kategori lama sebanyak 75,8%. Kebiasaan makan remaja putri termasuk kedalam kategori sering mengonsumsi fast food sebanyak 61,2%. Ada hubungan intensitas mengakses media sosial instagram dengan kebiasaan mengonsumsi fast food (p-value 0,036). Kesimpulan yang di dapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara intensitas mengakses media sosial instagram dengan kebiasaan mengonsumsi fast food pada remaja putri di Desa Caracas Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Keywords


instagram, fast food, remaja putri

Full Text:

PDF

References


Karmila S. Hubungan Terpaan Informasi Makanan pada Media Sosial Instagram dengan Perilaku Makan pada Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara Tahun 2019 [Internet]. Universitas Sumatera Utara; 2020 [cited 2023 Sep 9]. Available from: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/24815

Setiadi A. Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala - J Hum [Internet]. 2016 [cited 2023 Sep 11];16(2). Available from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/view/1283

Prihatiningsih W. Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Communication [Internet]. Fikom Budi Luhur; 2017 Apr 1 [cited 2023 Sep 11];8(1):51–65. Available from: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/651

Riyanto AD. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2021 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta [Internet]. Hootsuite. 2021 [cited 2023 Sep 9]. Available from: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Tatik Suryani. Perilaku Konsumen di Era Internet Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2013.

Dandy Salvian Kumara. Strategi Promosi Media Sosial Youtube dan Instagram pada Produk Simcard Loop PT. Telkomsel [Internet]. Universitas Airlangga; 2016 [cited 2023 Sep 11]. Available from: https://repository.unair.ac.id/54551/

Dewi N, Rahim FK, Amalia IS. Paparan Instagram dan Peran Teman Sebaya terhadap Pola Konsumsi Fast Food pada Remaja Berdasarkan Wilayah Sekolah Perkotaan dan Pedesaan. J Public Heal Innov [Internet]. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Garawangi; 2021 Dec 2 [cited 2023 Sep 11];2(1):38–49. Available from: https://ejournal.stikku.ac.id/index.php/jphi/article/view/389

Proverawati A. Obesitas dan Gangguan Perilaku Makan pada Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.

Rusdi FY, Helmizar H, Rahmy HA. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Instagram terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang untuk Pencegahan Anemia pada Remaja Putri di SMAN 2 Padang. J Nutr Coll [Internet]. Department of Nutrition Science, Faculty of Medicine, Universitas Diponegoro; 2021 May 28 [cited 2023 Sep 11];10(1):31–8. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/29271

Syahreza MF, Tanjung IS. Motif dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UNIMED. J Interak J Ilmu Komun [Internet]. 2018 Mar 13 [cited 2023 Sep 11];2(1):61–84. Available from: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/1788

Hans Christian Marwi. Penggunaan Media Sosial Oleh para Individual Via Smart Phones. Temat J Penelit Tek Inform dan Sist Inf. 2020;81–8.

Rahmandani F, Tinus A, Ibrahim MM. Analisis Dampak Penggunaan Gadget (Smartphone) terhadap Kepribadian dan Karakter (Kekar) Peserta Didik di SMAN 9 Malang. J Civ Huk [Internet]. Universitas Muhammadiyah Malang; 2018 May 30 [cited 2023 Sep 11];3(1):18–44. Available from: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/7726

Aprilia MP. Pencarian Informasi oleh Foodie pada Foto Makanan di Instagram. J Komun Nusant [Internet]. Unitri Press; 2020 May 18 [cited 2023 Sep 11];2(1):56–66. Available from: https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/40

Handayani W, rara oyi pinasti S, Rahayu F, Marhaeni Fajar Kurniawati D, Program Pascasarjana M, Ilmu Komunikasi M, et al. Pengaruh Media Sosial Instagram dalam Mengiklankan Makanan Cepat Saji dan Dampak Bagi Kesehatan pada Remaja. INFOTECH J [Internet]. Universitas Majalengka; 2021 May 11 [cited 2023 Sep 11];7(1):36–9. Available from: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/1064

Efrizal W. Perilaku Konsumsi Mie Instan pada Remaja. Citra Delima Sci J Citra Int Inst [Internet]. STIKES Citra Delima Bangka Belitung; 2021 Sep 24 [cited 2023 Sep 11];4(2):94–100. Available from: https://jurnalilmiah.ici.ac.id/index.php/JI/article/view/119

William Wells, Sandra Moriarty JB. Advertising : Principles and Practice. Englewood Cliffs : Prentice Hall; 2006.

Didiek Tranggono, Ajeng Nidita Putri J. Pengaruh Terpaan Iklan Nacific di Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Nacific pada Followers Akun @nacificofficial.id. J Ilmu Komun [Internet]. State Islamic University (UIN) of Sunan Ampel; 2020 Oct 1 [cited 2023 Sep 11];10(2):141–55. Available from: https://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK/article/view/357

Syahbani MF, Widodo A. Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. J Ecodemica J Ekon Manaj dan Bisnis [Internet]. 2017 Apr 26 [cited 2023 Sep 11];1(1):46–58. Available from: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1426

Ayutiani DN, Putri BPS. Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas [Internet]. Universitas Padjadjaran; 2018 Aug 10 [cited 2023 Sep 11];3(1):39–59. Available from: https://jurnal.unpad.ac.id/profesi-humas/article/view/11683

Adri Priadana AWM. Analisis Waktu Terbaik untuk Menerbitkan Konten di Instagram untuk Menjangkau Audiens. J Penelit Pers dan Komun Pembang Vol. 2020;24 No.1 Ju:59–70.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v8i3.517

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats