Hubungan Peran Tenaga Kesehatan, Pengetahuan Dan Dukungan Suami Terhadap Pemilihan Akseptor KB IUD Di Puskesmas Kelurahan Keagungan Tahun 2023

Vika Chita Via, Cusmarih Cusmarih

Abstract


Masalah utama yang dihadapi di bidang kependudukan adalah pertumbuhan penduduk yang masih tinggi. Semakin tingginya pertumbuhan penduduk maka semakin besar usaha yang dilakukan untuk mempertahankan kesejahteraan rakyat. Dalam rangka menekan ledakan penduduk, pemerintah Indonesia mencanangkan suatu program Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, dengan arah kebijakan yaitu strategi program KB sebagai upaya peningkatan kesejahteraan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  hubungan peran tenaga kesehatan, pengetahuan dan dukungan suami terhadap pemilihan akseptor KB IUD di Puskesmas Kelurahan Keagungan. Penelitian ini menggunakan  menggunakan desain penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 40 orang wanita PUS.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling Variabel penelitian meliputi peran tenaga kesehatan, pengetahuan, dukungan suami  dan  akseptor KB IUD. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  peran tenaga kesehatan tidak memiliki hubungan akseptor KB IUD dengan  nilai p  value  (0,385), sementara pengetahuan dan dukungan suami berhubungan terhadap pemilihan akseptor KB IUD dengan nilai p  value masing-  masing (0,000). Disarankan kepada tenaga kesehatan agar lebih mengupayakan dalam melakukan asuhan kebidanan keluarga berencana supaya wanita usia subur semakin mengetahui tentang KB dan mau memilih untuk menjadi Akseptor KB terutama KB IUD.

Keywords


Peran Tenaga Kesehatan, Pengetahuan Dan Dukungan Suami Terhadap Pemilihan Akseptor KB IUD

Full Text:

PDF

References


Lubis E, Sugiarti W, Fauziah. Hubungan Pengetahuan Pus Tentang Iud Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Iud Pada Akseptor Kb Di Desa Pagar Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2022. Bunda Edu-Midwifery J. 2023;6(1).

BPS. Statistics Indonesia. 2022.

Novita Y, Qurniasih N, Fauziah NA, Pratiwi AR. Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) Pada WUS Di Desa Wates Selatan Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun 2020. J Matern. 2020;1(3):172–81.

Kemenkes R. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2022.

Pinamangun W, Kundre R, Bataha Y, Studi P, Keperawatan I, Kedokteran F. Hubungan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Jenis Kontrasepsi Intra Uterine Device Pada Wanita Usia Subur Di Puskesmas Makalehi Kecamatan Siau Barat. J Keperawatan. 2018;6(2):1.

Kesehatan Departemen Dinas. Profil Kesehatan Indonesia. 2020.

Kemenkes RI. Profil Kesehatan Indonesia 2021. Pusdatin.Kemenkes.Go.Id. 2022. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

BKKBN. Kebijaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga. 2016.

Sumiyati S. Pengetahuan, Peran Petugas Kesehatan dan Dukungan Suami Berhubungan dengan Kejadian Drop Out pada Akseptor KB IUD di Puskesmas Bojonggede Tahun 2021. SIMFISIS J Kebidanan Indones. 2023;2(3):389–96.

Riskesdas RK. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2018. 2018.

Sundari T. Hubungan Peran Tenaga Kesehatan dengan Perilaku Penggunaan Alat Kontrasepsi di Puskesmas Samarinda Kota. Borneo Student Res [Internet]. 2020; Available from: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1496

Rahayu R. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu terhadap Penggunaan Kontrasepsi IUD dalam Tinjauan Literature Review Tahun 2021. Borneo Student Res [Internet]. 2022; Available from: https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/2703/1213

Trianingsih T, Sari EP, Hamid SA, Hasbiah H. Hubungan Peran Tenaga Kesehatan,Pengetahuan dan Dukungan Suami dengan Akseptor KB IUD di UPTD Puskesmas Pengandonan Kabupaten Ogan Komering Ulu. J Ilm Univ Batanghari Jambi. 2021;21(3):1283.

Sari ML. Minat Ibu Dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Iud ( Intra Uterin Device ) Di Wilayah Minat Ibu Dalam Pemilihan Alat Kontrasepsi Iud ( Intra Uterin Device ) Di Wilayah. 2022;

Sarwono S. Psikologi Sosial dan Individu dan Teori-Teori Psikolog Sosial. Jakarta: balai Pustaka; 2012.

Maulana MN. Peran Petugas Kesehatan Puskesmas Lumbung Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Ibu Mengenai Pemberian Imunisasi Bayi Di Desa Darmaraja Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. J Kesehat Masy. 2018;3:148–63.

Hardiyanti F. Hubungan Dukungan Suami Terhadap Pemilihan Alat Kontrasepsi Iud; Literature Review. 2021; Available from: http://repository.stikesdrsoebandi.ac.id/id/eprint/42

Mularsih S, Munawaroh L, Elliana D. Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (Akdr) Pada Pasangan Usia Subur (Pus) Di Kelurahan Purwoyoso Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. J Kebidanan. 2018;7(2):144.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v9i1.534

Article Metrics

Abstract view : 123 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats