PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PERILAKU ANAK SEKOLAH TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KALASAN 1, KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Novita Sekarwati

Abstract


Latar belakang : Anak sekolah merupakan generasi penerus Bangsa yang perlu di jaga, ditingkatkan dan dilindungi kesehatannya. Jumlah usia sekolah yang cukup besar yaitu 30% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan masa keemasan untuk menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat (proverawati, A & Rahmawati, E, 2012). Derajat kesehatan anak pada saat ini belum bisa dikatakan baik karena masih banyak terdapat masalah kesehatan khususnya pada anak sekolah. Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1, Kalasan Sleman Yogyakarta.

Metode : Rancangan penelitiannya menggunakan Eksperimen semu (Quasi eksperimen), dengan pendekatan pre test-post test sampel dalam penelitian ini adalah 61 siswa & siswi SDN Kalasan 1. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji T-test. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2016 di SD Negeri Kalasan 1, Kecamatan Kalasan, Sleman Yogyakarta.


Kesimpulan : Hasil penelitian menunjukan nilai anlisis Bivariate dengan rumus T-test menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1, Kalasan Sleman Yogyakarta, diketahui Sig (2-tailed 0,000<0,05) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1, Kalasan Sleman Yogyakarta.
Kata kunci : Pendidikan kesehatan, perilaku cuci tangan pakai sabun




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i1.56

Article Metrics

Abstract view : 1198 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 601 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats