HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN MOTIVASI IBU NIFAS DALAM MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS TEGALREJO YOGYAKARTA

Novi Indrayani

Abstract


Latar Belakang: ASI eksklusif merupakan salah satu program yang cukup sulit dikembangkan karena berkaitan dengan berbagai permasalahan sosial dimasyarakat. Cakupan pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih tergolong sangat rendah yaitu hanya 32 % dari bayi yang berumur enam bulan yang mendapatkan ASI eksklusif. Dukungan suami berkaitan dengan suksesnya pemberian ASI Eksklusif kepada bayi. Dukungan suami adalah dukungan untuk memotivasi ibu memberikan ASI saja kepada bayinya sampai usia enam bulan, memberikan dukungan psikologis kepada ibu dan mempersiapkan nutrisi yang seimbang kepada ibu. Sedangkan masih banyak suami yang berpendapat salah. Mereka berpendapat bahwa menyusui adalah urusan ibu dan bayi. Sehingga, mereka beranggapan cukup menjadi pengamat yang pasif saja.

Tujuan: Mengetahui Hubungan Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu nifas dalam Memberikan ASI Eksklusif.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Analitik, menggunakan desain Cross sectional. Jumlah sampel yaitu 36 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampling Purposive sampling.

Hasil: Sebagian besar (69,4%) responden mempunyai Dukungan dari suami yang baik dalam memberikan ASI Eksklusif. Sebagian besar (72,2%) responden mempunyai Motivasi yang baik dalam memberikan ASI Eksklusif. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakani Kendal Tau didapatkan hasil p=0,002 dengan tingkat kesalahan ? 5% diperoleh 0,05 (0,002<0,05).

Kesimpulan: Ada Hubungan Dukungan Suami dengan Motivasi Ibu Nifas dalam memberikan ASI Eksklusif di Puskesmas Tegalrejo Yogyakarta.

Kata Kunci: Dukungan, Motivasi, Pemberian ASI Eksklusif.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i1.61

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats