PENERAPAN PROGRAM GREEN CARD DEPARTMEN PRODUKSI DI PT. PAMAPERSADA NUSANTARA DISTRIK BMTB, KALIMANTAN SELATAN

Julian Dwi Saptadi

Abstract


Latar Belakang: Dalam dunia kerja, khususnya di bidang industry pertambangan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) seharusnya tidak lagi hanya sebagai sebuah peraturan, melainkan telah menjadi suatu budaya yang tertanam dalam sikap dan perilaku. Salah satu perusahaan kontraktor pertambangan terbesar, PT Pamapersada Nusantara distrik BMTB sangat peduli terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) para karyawan. Wujud kepedulian akan K3 diwujudkan dengan adanya program Green Card. Green Card adalah sebuah alat untuk melakukan pengamatan yang pada perilaku tidak aman dan kondisi tidak aman dari seseorang dengan memberikan umpan balik terhadap orang yang diamati. Tujuan dari Green Card adalah untuk mengamati At Risk Behavior, sebagai salah satu penyebab terjadinya insiden dan dapat termonitoring dengan baik, yang kedepannya at risk behavior tersebut dapat diturunkan angkanya. Peran dan komitmen manajemen dapat mempengaruhi bawahan agar mudah diarahkan untuk mencapai visi, misi, serta tujuan organisasi.

Tujuan: Mengetahui gambaran peran dan komitmen manajemen dalam penerapan program Green Card di Departemen Produksi PT Pamapersada Nusantara distrik BMTB.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kombinasi atau mixed method. Metode penelitian kombinasi adalah suatu metode penelitian yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk digunakan secara bersama sama. responden dalam penelitian ini sebanyak 37 orang.

Hasil: Peran dan komitmen manajemen dalam Program Behaviour Based Safety adalah salah satu wujud komitmen PT Pamapersada Nusantara terhadap improvement K3 sebagai budaya dalam bekerja melalui program green card.

Kesimpulan: Peran & komitmen manajemen baik dan mereka peduli akan program observasi keselamatan dalam bekerja yaitu dengan berjalannya program green card ini.

Kata Kunci: Manajemen, observasi, green card.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i2.64

Article Metrics

Abstract view : 2922 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats