PERBEDAAN ANTARA KEADAAN FASILITAS SANITASI DAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT PEDAGANG PASAR BERDASARKAN KARAKTERISTIK PEDAGANG DI PASAR REJONDANI DAN PASAR PAKEM KABUPATEN SLEMAN

Hendra Prasojo, Jati Untari

Abstract


Latar Belakang: Pasar tempat menyebarnya segala penyakit terutama penyakit yang medianya makanan, minuman, udara, dan air. Oleh sebab itu diperlukan upaya penyelenggaraan sanitasi di pasar untuk menjaga kondisi pasar dan mencegah penyebaran penyakit kepada masyarakat. Hasil observasi berdasarkan karakteristik pedagang yang dilakukan di Pasar Rejondani dan Pasar Pakem yaitu menunjukkan adanya perbedaan karakteristik pedagang dimana dari jenis dagangan, pendidikan yang dapat mempengaruhi keadaan fasilitas sanitasi dan perilaku pedagang pasar.

Tujuan: Mengetahui perbedaan fasilitas sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat pedagang pasar berdasarkan karakteristik pedagang di Pasar Rejondani dan Pasar Pakem Kabupaten Sleman.

Metode Penelitian: Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Rejondani dan Pasar Pakem Kabupaten Sleman, waktu penelitian bulan Juli 2013, desain penelitian Cross Sectional. Subjek penelitian adalah fasilitas sanitasi dan pola hidup bersih dan sehat (parilaku) pedagang. Teknik sampling menggunakan Total sampling untuk fasilitas dan Systematic Random Sampling untuk mengukur perilaku dengan jumlah sampel sebanyak 28 responden di Pasar Rejondani dan 37 responden Pasar Pakem. Analisis data untuk fasilitas sanitasi menggunakan U Mann Whithney T-test dan perilaku pedagang menggunakan Independen T-test.

Hasil: Ada perbedaan nilai rata-rata fasilitas pengelolaan sampah Pasar Rejondani dan Pasar Pakem karena Sig (0.005) = ? (0.05). Sedangkan untuk fasilitas air bersih, kamar mandi/toilet dan tempat cuci tangan tidak ada perbedaan rata-rata antara Pasar Rejondani dan Pasar Pakem karena nilai sig > ? (0,05). Untuk hasil perilaku pedagang pasar ada perbedaan rata-rata antara perilaku pedangan Pasar Rejondani dan Pasar Pakem.karena sig (0,000) < ? (0.05.).

Kesimpulan: Adanya perbedaan keadaan fasilitas sanitasi dan perilaku pedagang sehingga mempengaruhi kebersihan Pasar Rejondani dan Pasar Pakem.

Kata Kunci:, fasilitas sanitasi, PHBS pedagang, karakteristik, Pasar Rejondani dan Pakem.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i2.67

Article Metrics

Abstract view : 620 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats