hubungan kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII program studi DIV bidan pendidik universitas respati yogyakarta
Abstract
Indeks Pembangunan Pendidikan Untuk Semua atau The Education for All Development Index (EDI) Indonesia tahun 2014 berada pada peringkat 57 dari 115 negara. Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII program studi DIV bidan pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan metode Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik sebanyak 172 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 128 mahasiswa. analisis data bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil perhitungan menggunakan analisis Chi-square diperoleh nilai ρ–value lebih besar dari taraf signifikansi (0,958 > 0,05) dan nilai X2 hitung lebih kecil dari X2 tabel dengan derajat kebebasan (df) 2 (0,085 < 5,991). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Kesimpulan dari penelitian ini tidak terdapat hubungan antara kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Humas. 2015. Internet. Indonesia Peringkat ke-57 EDI dari 115 Negara Tahun 2014. Tersedia: https://www.kemenkopmk.go.id, Diakses pada pada 08 Desember 2015
Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta
Anggraini, Nopita. 2016. Internet. Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. www.kompasiana.com/nopitaanggraini0311/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran_5710f5db21afbd1409810ecf, diakses pada 20 Mei 2016
Helmiati. 2013. Micro Teaching. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Arifin M. dan Barnawi. 2015. Micro Teaching “Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Panduan Akademik. 2015. Panduan Akademik Tahun 2015 Universitas Respati Yogyakarta. Yogyakarta
Nursalam, 2014. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Hidayat, Alimul. 2011. Metode Penelitian Kesehatan. Surabaya: Kelapa Pariwara
Sugiyono, 2008. Metodologi Penelitian. Bandung : Alfabeta
Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Arifin, Zainal.2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Panduan Praktik Mengajar. 2016. Panduan Praktik Mengajar Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v4i2.272
Article Metrics
Abstract view : 301 timesPDF - 40 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.