hubungan kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII program studi DIV bidan pendidik universitas respati yogyakarta

marsela renasari presty, dheska arthyka palifiana, margono margono

Abstract


Indeks Pembangunan Pendidikan Untuk Semua atau The Education for All Development Index (EDI) Indonesia tahun 2014 berada pada peringkat 57 dari 115 negara. Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan nasional dan merupakan bagian integral dari upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII program studi DIV bidan pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan metode Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik sebanyak 172 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 128 mahasiswa. analisis data bivariat  menggunakan uji chi-square. Hasil perhitungan menggunakan analisis Chi-square diperoleh nilai ρ–value lebih besar dari taraf signifikansi (0,958 > 0,05) dan nilai X2 hitung lebih kecil dari X2 tabel dengan derajat kebebasan (df) 2 (0,085 < 5,991). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta. Kesimpulan  dari penelitian ini tidak terdapat hubungan antara kesiapan praktik mengajar dengan nilai ujian praktik real teaching pada mahasiswa semester VIII Program Studi DIV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta


Keywords


praktik mengajar, nilai ujian, praktik

Full Text:

PDF

References


Humas. 2015. Internet. Indonesia Peringkat ke-57 EDI dari 115 Negara Tahun 2014. Tersedia: https://www.kemenkopmk.go.id, Diakses pada pada 08 Desember 2015

Priansa, Donni Juni. 2014. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Anggraini, Nopita. 2016. Internet. Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. www.kompasiana.com/nopitaanggraini0311/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran_5710f5db21afbd1409810ecf, diakses pada 20 Mei 2016

Helmiati. 2013. Micro Teaching. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Arifin M. dan Barnawi. 2015. Micro Teaching “Teori dan Praktik Pengajaran yang Efektif dan Kreatif”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Panduan Akademik. 2015. Panduan Akademik Tahun 2015 Universitas Respati Yogyakarta. Yogyakarta

Nursalam, 2014. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Hidayat, Alimul. 2011. Metode Penelitian Kesehatan. Surabaya: Kelapa Pariwara

Sugiyono, 2008. Metodologi Penelitian. Bandung : Alfabeta

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arifin, Zainal.2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Panduan Praktik Mengajar. 2016. Panduan Praktik Mengajar Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v4i2.272

Article Metrics

Abstract view : 319 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats