koping masalah fisiologis pada ibu hamil hiv di yogyakarta

ayu fitriani, joko krisdiyanto

Abstract


Latar Belakang: Rentannya kondisi fisik akibat rendahnya imunitas pada ibu hamil dengan HIV mengakibatkan ibu mudah terkena penyakit infeksi oportunistik. Selain itu efek samping terapi ARV memperparah keadaan fisiologis ibu. Untuk itu, upaya yang dilakukan oleh ibu hamil HIV baik secara mental maupun perilaku dalam penenerimaan masalah fisiologis penting untuk diketahui karena akan berdampak pada keberhasilan program PPIA.

Tujuan : untuk menggali masalah dan koping masalah oleh ibu hamil HIV dalam menghadapi permasalahan fisiologis.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam (indepth interview) pada 10 ibu yang pernah mengalami kehamilan dengan status HIV positif serta 5 infoman terdiri dari keluarga ibu hamil HIV, teman dekat ibu hamil HIV dan penggurus IPPI DIY.  Keabsahan data meggunakan triangulasi sumber dan analisis data kualitatif menggunakan content analysis.

Hasil: Hasil penelitian menemukan enam tema, yaitu berhenti terapi karena efek samping ART, janin penyemangat terapi ARV, khawatir dampak terapi ARV, semangat melihat perjuangan teman ODHA, trauma dengan riwayat kesehatan anak sebelumnya dan keadaan yang sama membuat lebih dekat.

Kesimpulan: Efek samping ARV masih dirasakan sebagai masalah fisiologis selain penyakit oportunistik. Koping positif ibu hamil HIV yaitu bersedia mengikuti program PPIA, sedangkan koping negatif yaitu trauma kesehatan anak sebelumnya dan berhenti terapi ARV karena efek samping.


Keywords


koping, fisiologis, ibu hamil hiv

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Laporan Perkembangan HIV-AIDS dan Penyakit Infeksi Menular Seksual (PIMS) Triwulan I Tahun 2017. 2017.

IPPI DIY. Status HIV di Yogyakarta [Internet]. IPPI. 2018. Available from: http://www.ippi.or.id/provinsi/di-yogyakarta/

Setyoadi ET. Strategi Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita AIDS. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2012.

Puspasari D, Wisaksana R, Ruslami R. Gambaran Efek Samping dan Kepatuhan Terapi Antiretroviral pada Pasien HIV di Rumah Sakit Dr . Hasan Sadikin Bandung Tahun 2015 in HIV Patients at Dr . Hasan Sadikin Hospital in 2015. 2016;3:175–81.

Muflihatunnaimah, Alifiati Fitrikasari MAUS. Perbedaan Tingkat Stres , Cemas , dan Depresi antara Terapi Efavirenz dengan Nevirapine ( Studi Penderita HIV / AIDS di poli VCT-CST RSUP Dr . Kariadi Semarang ). 2018;5(2):76–81.

Sunirah S, Setyowati S, Imami R. Gambaran Cara Ibu Hamil Dengan HIV/AIDS dalam Menjalani Kehamilan: Studi Fenomenologi. J Nurs Heal [Internet]. 2017;1(2):45–54. Available from: http://jnh.stikesbanisaleh.ac.id/index.php/jnh/article/view/29/17

Sehat OB. Apa Efek Samping ARV? [Internet]. ODHA berkah sehat. 2017 [cited 2019 Oct 24]. Available from: https://www.odhaberhaksehat.org/2017/apa-efek-samping-arv/

Salsabilla F, Sofro MAU, Chasani S, Ngestiningsih D. Hubungan Antara Pemakaian Efavirenz Dengan Efek Samping Neuropsikiatri Pada Pasien HIV / AIDS. 2015;4(4):745–54.

Irmawati M. Lost to Follow Up ODHA dengan Terapi Antiretroviral (ARV) di Yayasan Peduli Kelompok Dukungan Sebaya Kota Makassar. 2019;2(2):62–70.

Sofyana Maula, Machmudah M. Gambaran Fisik Dan Psikologis Ibu Dengan HIV/AIDS Saat Hamil Di Kabupaten Kendal. In: Prosiding Konas II PPNI. 2014. p. 262–9.

Green CW. HIV, Kehamilan dan Kesehatan Perempuan. Spritia Y, editor. Jakarta: Yayasan Spiritia; 2005.

Depkes RI. Modul PMTCT. Jakarta: Depkes RI; 2008.

Eva Ardana YS. Resiliensi Orang dengan HIV / AIDS ( ODHA ). J Psikoislamika. 2014;11(1):5–8.

Ernawati SA. Praktik Ibu HIV/AIDS dalam Mencegah Penularan Infeksi Kepada Anak. 2010;

Fitria KD. Dinamika Resiliensi ODHA: Dari Penderita Menjadi Pendamping ODHA. Universitas Katolik Soegijapranata; 2018.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v5i1.301

Article Metrics

Abstract view : 463 times
PDF - 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats