Kajian Pelaksanaan Program Inovasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Goyang Gotik Di Puskesmas Pasirkaliki Kota Cimahi

Roro Sumbawa Ningrum, Budiman Budiman, Nasir Ahmad

Abstract


Latar belakang: Indonesia dalam pencapaian angka akses sanitasi layak masih belum memenuhi target pemerintah yaitu 100% Open Defecation Free (ODF). Hal ini berkolerasi dengan hasil survey pendahuluan yang menunjukan persentase penduduk terhadap akses jamban sehat di Puskesmas Pasirkaliki hanya sebesar 76,8%. Dalam upaya peningkatan akses jamban sehat, Puskesmas Pasirkaliki memiliki program inovasi gotong-royong nabung kanggo tangki septik (Goyang Gotik).  

Tujuan: untuk mengekplorasi pelaksanaan program inovasi goyang gotik di Puskesmas Pasirkaliki Kota Cimahi

Metode: Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tematik. Informan dalam penelitian terdiri dari Kepala Puskesmas, Sanitarian, Promotor Kesehatan, Kader, Nasabah, dan Donatur goyang gotik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan telaah dokumen. Hasil: Input tentang sumber daya manusia atau pengelola program tidak memiliki uraian tugas yang jelas, kendala dalam penyediaan sarana dan prasarana yaitu tidak adanya tempat pengumpulan sampah sementara. Proses pelaksanaan terdapat hambatan dalam kegiatan advokasi sosialisasi ada RW yang belum mendukung program ini. Output dari program inovasi ini masih belum mencapai target. Kesimpulan: Pelaksanaan inovasi goyang gotik perlu dibuat jadwal pelaksanaan kegiatan sosialisasi dan uraian tugas yang jelas serta struktur organisasi khusus program inovasi goyang gotik untuk meningkatkan kinerja dari setiap pelaksana kegiatan program inovasi Goyang Gotik.


Keywords


ODF, Jamban Sehat, STBM

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Rumah Tangga Yang Memiliki Akses Terhadap Layanan Sanitasi Layak Dan Berkelanjutan (40% Bawah), Menurut Provinsi (Persen), 2017-2019. https://www.bps.go.id/ [Accessed Juli 18, 2020]

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 3 tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Chandra, N. (2007). Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Kedokteran EGC.

Dinas Kesehatan Kota Cimahi (2018). Profil Kesehatan Kota Cimahi Tahun 2017. Cimahi: Dinkes Cimahi

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Candrarini, M. R. (2020). Peran Puskesmas dalam Melaksanakan Program Sanitasi Pilar Stop Buang Air Besar Sembarangan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(1), 100-111.

Davik, F. I. (2016). Evaluasi program sanitasi total berbasis masyarakat pilar stop babs di puksesmas kabupaten probolinggo. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2), 107-116.

Foeh, C., Joko, T., & D, Y. H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Pilar Pertama Stop Buang Air Besar Sembarangan Pada Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di KAbupaten Nagekeo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Puskesmas Pasirkaliki, (2020). Laporan Tahunan Kesehatan Lingkungan Puskesmas Pasirkaliki Tahun 2019.

Kementrian Kesehatan RI (2012). Pedoman Pelaksanaan Teknis STBM.

Supracayaningsih. (2010). Implementasi Program Sanitasi Total dan Pemasaran Sanitasi (SToPS) dalam Pembuatan Jamban di Desa Sembung Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. http://repository.unair.ac.id [Accessed Juli 18, 2020]

Harun, H. (2017). Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Dalam Proses Pemilahan Sampah Rumah Tangga Di Desa Hegarmanah. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 86–88.

Laksmi, I. P. (2016). Studi Kelayakan Pengadaan Jamban Sehat Khusus Black Water di Kecamatan Gubeng, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v6i1.346

Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 26 times

Refbacks



View My Stats