Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Media Promosi Kesehatan Manfaat Buah dan Sayur

Nur Syamsiah Awuni, Khoiriyah Isni

Abstract


Rendahnya tingkat konsumsi buah dan dayur pada anak di wilayah Kabupaten Klaten masih menjadi masalah gizi yang harus segera diatasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penggunaan media promosi kesehatan. Namun, media tersebut belum efektif dikarenakan penggunaan Bahasa yang tidak sesuai dengan Bahasa yang digunakan sehari-hari oleh anak. Oleh karena itu, diperlukan suatu kajian pengembangan media promosi kesehatan yang bebasis kearifan lokal untuk mengatasi masalah tersebut. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) level 1. Penelitian ini diawali oleh penggalian potensi masalah dengan sasaran anak dan orang tua. Selanjutnya, dilakukan pengembangan media promosi kesehatan yang tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta ahli Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan edukasi manfaat buah dan sayur bagi anak dengan menggunakan Bahasa Jawa berupa video animasi. Sementara itu, hasil pengembangan berdasarkan penilaian dari ketiga ahli dinyatakan sangat layak. Media promosi kesehatan ini perlu dilakukan uji coba pada sasaran terbatas hingga luas agar dapat digunakan sebagai media promosi kesehatan yang valid untuk penanggulangan rendahnya konsumsi buah dan sayur pada anak.

Keywords


Media promosi kesehatan, Kearifan lokal, manfaat sayur dan buah, germas, anak

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Riskesdas 2018. Jakarta: Lembaga Penerbitan Litbangkes; 2018.

Mu’min SA. Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. J AL-Ta’dib. 2013;6(1):89–99.

Hasanuddin SH. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media video Dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Menggosok Gigi Anak Usia Prasekolah. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2018.

Aprilaz I. Perbandingan Efektif Antara Metode Video Dan Cerita Boneka Dalam Pendidikan Seksual Terhadap PengetahuanAnak Prasekolah Tentang Personal Safety Skill. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2016.

Wardhani IK, Yuliati I. Gadget Pada Kesehatan Remaja Di Salah Satu Paroki. J Penelit Kesehat. 2021;11(2):15–9.

Vidayanti V, Tasya K, Tungkaki P, Retnaningsih LN. Pengaruh Pendidikan Seks Dini melalui Media Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah tentang Seksualitas di SDN Mustokorejo Yogyakarta. J Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati. 2020;5(2):203–14.

Rahmat ST. Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. J Pendidik dan Kebud Missio. 2018;10(2):143–61.

Boiliu FM, Samalinggai K, Setiawati DW. Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4 . 0. J Christ Educ. 2020;1(1):25–38.

Budiana A. Perancangan Buku Ilustrasi Manfaat Sayur Dan Buah Sebagai Media Edukasi Pola Hidup Sehat Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Institut Seni Indonesia Yogyakarta; 2021.

Jatmika SED, Maulana M, Kuntoro, Martini S. Buku Ajar Pengembangan Media. Yogyakarta: K-Media; 2019.

Asthiningsih NWW, Wijayanti T. Edukasi Personal Hygiene Pada Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. J Pesut Pengabdi Untuk Kesejaht Umat. 2019;1(2):84–92.

Suyadi. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Mandiri Pustaka Insan; 2010.

Dewi K. Pentingnya Media Pembelajaran. J Pendidik anak usia dini. 2017;1(1):81–96.

Inten DN, Permatasari AN. Literasi Kesehatan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Eating Clean. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2019;3(2):366.

Andan Firmansyah, Ahid Jahidin, Nur Isriani Najamuddin. Efektivitas Penyuluhan Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Video Bahasa Daerah Terhadap Pengetahuan Bahaya Rokok Pada Remaja. Bina Gener J Kesehat. 2019;11(1):80–6.

Sulistiono T. Efektivitas penggunaan bahasa jawa dalam promosi kesehatan gigi dan mulut untuk menurunkan skor plak gigi pada anak usia 6-8 tahun di mim klaseman gatak sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2016.

Agustriana E. Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Sma. Universitas Tanjungpura Pontianak; 2014.

Wong. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. 6th ed. Jakarta: EGC; 2009.

Urrahmah A. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Menstruasi Pada Santri Di Pondok Pesantren Al Muna 2 Bantul. Universitas Ahmad Dahlan.; 2019.

Norma Lukito ET. Keefektifan Penggunaan Media Film Dora The Explorer Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Di Kelompok Bermain Tamanku Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta; 2016.

Marlianingsih N. Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual (Animasi) Pada Paud. J Ilm Kependidikan. 2017;3(2):133–40.

Khadijah. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing; 2016.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v7i2.436

Article Metrics

Abstract view : 254 times
PDF - 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats