Efektivitas Penyuluhan Menggunakan Media dengan Bahasa Daerah Terhadap Pengetahuan Remaja Mengenai Seks Pranikah di Desa Bhuana Giri Karangasem

I Gusti Agung Ayu Berlian Audya Parimayuna, Anak Agung Sagung Ratu Putri Saraswati, Muhammad Apriyanto

Abstract


Pernikahan dini merupakan permasalahan global yang masih berlangsung hingga saat ini dan berlangsung karena salah satu faktor yaitu kehamilan yang tidak diinginkan yang berhubungan dengan perilaku seksual remaja pranikah. Perilaku tersebut juga memberi dampak yaitu risiko penularan penyakit menular sexual dan kanker serviks. Pengetahuan remaja tentang pendidikan seksualitas masih belum memadai terutama untuk remaja yang berada di pedesaan. Informasi kesehatan dibutuhkan melalui promosi kesehatan dengan penyuluhan yang juga menggunakkan media dengan memperhatikan nilai budaya dan kebiasaan masyarakat, salah satunya dari segi penggunaan bahasa daerah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyuluhan menggunakkan media dengan bahasa daerah terhadap pengetahuan remaja mengenai seks pranikah di Desa Bhuana Giri, Karangasem. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment dan pendekatan two group pretest-posttest design dimana pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan 2 kelompok intervensi. Pengukuran pengetahuan pre-test dan post-test menggunakan kuesioner kemudian dilakukan analisis dari hasilnya dengan uji Wilcoxon untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan uji Mann-Whitney untuk menguji beda pengaruh intervensi. Didapatkan hasil bahwa ada perbedaan pengaruh antara kelompok intervensi dengan media bahasa Indonesia dan bahasa daerah yaitu bahasa Bali dimana nilai p=0,025 ≤ α=0,05. Diketahui mean sesudah penyuluhan dengan media Bahasa Indonesia sebesar 20,94 sedangkan mean sesudah penyuluhan dengan media Bahasa Bali sebesar 30,06. Penyuluhan dengan menggunakkan baik media bahasa Indonesia dan bahasa daerah memiliki pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan remaja mengenai seks pranikah di Desa Bhuana Giri, Karangasem. Namun, penggunaan media dengan bahasa daerah lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan media bahasa Indonesia sehingga perlu diperhatikan penggunaan bahasa dalam penyuluhan mengingat kultur Indonesia yang beragam dari segi bahasa.

 


Keywords


Seks pranikah; Penyuluhan; Media; Bahasa daerah; Remaja

Full Text:

PDF

References


UNICEF. Child Marriage - Latest Trends and Futur Prospects. New York; 2018.

Hakiki G, Ulfah A, Khoer MI, Supriyanto S, Basorudin M, Larasati W, et al. Pencegahan Perkawinan Anak: Percepatan yang Tidak Bisa Ditunda. Jaka; 2020.

Muntamah AL, Latifiani D, Arifin R. Pernikahan Dini di Indonesia: Faktor dan Peran Pemerintah (Perspektif Penegakan dan Perlindungan Hukum bagi Anak). Widya Yuridika J Huk. 2019;2(1).

Nasution R. Ketertindasan Perempuan dalam Tradisi Kawin Anom: Subaltern Perempuan pada Suku Banjar dalam Perspektif Poskolonial. Cetakan Pe. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia; 2016.

BKKBN. Survei Demografi Dan Kesehatan : Kesehatan Reproduksi Remaja 2017. Jakarta; 2017.

Plan International. “Because I am a Girl: The State of the World’s Girls 2012 Learning for Life. Vol. 2012. 2012.

Saraswaty R, Tobing DH. Motivasi Pada Perempuan Bali yang Memilih Hamil Sebelum Menikah. J Psikol Udayana. 2016;3(3):43–55.

Sarwono SW. Psikologi Remaja. Revisi. Jakarta: Rajagradindo Perkasa; 2015.

Monks FG, Knoers AM., Hadinoto SR. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Cetakan ke. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2019.

Fitriani A, Krisdiyanto J. Koping Masalah Fisiologis Pada Ibu Hamil Hiv Di Yogyakarta. J Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 2020;5(1):47.

Kemenkes RI. Infodatin : Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta; 2012.

Puspitadesi D intan, Yuliadi I, Nugroho AA. Hubungan antara Figur Kelekatan Orangtua dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Remaja SMA Negeri 11 Yogyakarta. J Ilm Psikol Candrajiwa. 2013;1(4):1–10.

Lisnawati, Lestari NS. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Seksual Remaja di Cirebon. J Care. 2015;3(1):1–8.

Adeoye O., Rotimi O., Abdullahi I, Dare B. Parents’ and Teachers’ Perceptions of the Teaching of Sexuality Eduaction in Asia Local Goverment Area, Kwara State. East African Reseaecher. 2012;

Kemenkes RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013. Jakarta; 2013.

Ginting F, Wantania J. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Remaja yang Hamil tentang Kehamilan Remaja di Manado. Bul IDI Manad. 2011;1(1):47–59.

Gani HA, Istiaji E, Kusuma AI. Perbedaan Efektivitas Leaflet dan Poster Produk Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Jember dalam Perilaku Pencegahan HIV/AIDS. J IKESMA. 2014;10(1):31–48.

Barik AL, Purwaningtyas RA, Astuti D. The Effectiveness of Traditional Media (Leaflet and Poster) to Promote Health in a Community Setting in the Digital Era: A Systematic Review. J Ners. 2019;14(3):76–80.

Fadhilah TM, Faradilla S, Prastiwi LR, Heididiana K, Shinta NC, Veronica I, et al. Pengaruh Penyuluhan Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Balita di Posyandu Kembang Matahari 1 Margahayu, Kota Bekasi. J Mitra Masy. 2019;1(2):1–5.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Survei Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK): Modul Remaja. SKAP 2019: Modul Remaja. Jakarta; 2019.

Titisari AS, Swandewi LKR, Kowara M, Fajar NMAP. Hubungan antara Faktor Sosiodemografi dan Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Seks Pra-Nikah Remaja Bali. J Kel Berencana. 2021;6(2):1–9.

Asiah N. Pengaruh Penyuluhan dalam Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. ARKESMAS. 2016;1(2):97–101.

Cahyani AN, Yunus M, Ariwinanti D. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Hubungan Seksual Pranikah. Sport Sci Heal. 2019;1(2):92–101.

Kominfo RI. Sampaikan Program Pemerintah dengan Bahasa Tepat. 2019.

Sari DE, La Tarifu LT, Husain MN. Penggunaan Bahasa Daerah sebagai Strategi Penyuluhan pada Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara. J Ilmu Komun UHO J Penelit Kaji Ilmu Komun dan Inf. 2022;7(1):47.

Dewi SU. Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Reproduksi terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja. JIKO (Jurnal Ilm Keperawatan Orthop. 2018;2(2):92–9.

Ningsih NS, Herlina R, Femala D, Pakpahan O, Rusmali. Efektivitas Penggunaan Bahasa Dayak dalam Edukasi untuk Meningkatkan Kognitif dan Penurunan Debris Index. J Vokasi Kesehat. 2022;8(1):126–31.

Owa MG, Rochmawati E. Efektifitas Edukasi TB melalui Booklet Berbahasa Tetun Terhadap Pengetahuan dan Sikap Keluarga dalam Pencegahan Penularan TB di Centru Saude Comoro, Dili, Timor Leste. Wiraraja Med J Kesehat. 2020;10(1):29–35.

Firmansyah A, Jahidin A, Najamuddin NI. Efektivitas Penyuluhan dengan Menggunakan Media Leaflet dan Video Bahasa Daerah terhadap Pengetahuan Bahaya Rokok pada Remaja. Bina Gener J Kesehat. 2019;11(1):80–6.

Vidayanti V, Tungkaki KT putri, Retnaningsih LN. Pengaruh Pendidikan Seks Dini Melalui Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Seksualitas Di Sdn Mustokorejo Yogyakarta. J Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 2020;5(2):203.

Hasnah, Sutria E, Fitriani A, Wahdania, Rasmawati, Hadriani E, et al. Penyuluhan Kesehatan pada Lanjut Usia dengan Pendekatan Transkultural Nursing di Wilayah Kerja Puskesmas Samata. J Pengabdi Kesehat Komunitas. 2022;2(1):6–14.

Erika KA. Pendekatan Transcultural Nursing, Child Healthcare Model dan Transtheoretical Model terhadap Pengetahuan dan Budaya Keluarga. J NERS. 2014;9(2):262–9.

Tiara DR. Bahasa dan Latar Tempat sebagai Pendekatan dalam Video Penyuluhan tentang Virus COVID-19. J Character Educ Soc. 2020;3(3):718–26.

Martiana ES, Coryah FAN, Susesno MR. Efektivitas Penggunaan Video Edukasi Berbasis Kearifan Lokal dalam Penggunaan Kontrasepsi Intra Uterine Device pada Pasangan Usia Subur di Wilayah Kerja Puskesmas Kuripan. J Ilmu Kesehat. 2022;10(2):159–67.

Nelwatri H. Upaya Preventif Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja melalui Media Informatif Buku Saku Kespro Berbasis Budaya Lokal untuk Orang Tua di Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. J Socius J Sociol Res Educ. 2017;4(1):17–21.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v8i1.473

Article Metrics

Abstract view : 462 times
PDF - 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats