Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada Bagian Pendaftaran Rawat Jalan dengan Metode Hot-Fit di RS Swasta di Lampung Tahun 2022

Maya Aprilianingsih, Febria Listina, Aila Kayrus

Abstract


Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan Rumah Sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat, dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengevalusi SIMRS pada bagian pendaftaran rawat jalan menggunakan metode HOT-Fit di RSU Swasta Metro.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Metode yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang menggunakan pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga komponen berperan penting dalam evalusi sistem. Berdasarkan komponen human, 15 informan yang melakukan wawancara merasa SIMRS saat ini belum mampu meningkatkan kepuasan pengguna secara maksimal karena terkadang mengalami kendala dan masih banyak kekurangan, dan ada juga informan yang menyatakan bahwa perlunya dilakukan evalusi secara berkala serta di lakukan pelatihan SIMRS sehingga dapat meminimalisir masalah/kendala yang terjadi. Sedangkan dari komponen organization dan teknologi, informan merasa bahwa perlu adanya kebijakan mengenai penanganan sistem yang dilakukan oleh pihak vendor sehingga pengguna sistem tidak perlu lagi menunggu lama dalam proses mengajukan complain mengenail sistem yang sering kurang mendukung dengan perangkat keras yang ada. Sebaiknya dilakukan evaluasi SIMRS secara berkala, tidak hanya pada saat akan akreditasi atau pun pada saat terjadi kendala saja, karena dengan adanya evaluasi sistem dan pengguna akan memperkeci tingkat terjadinya masalah/kendala.

 

Keywords


Evaluation; Hospital; Management Information System

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v7i3.450

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats