HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK IBU DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MINGGIR KABUPATEN SLEMAN

Jati Untari

Abstract


Latar Belakang : Cakupan ASI Eksklusif di Indonesia untuk bayi di bawah 6 bulan sebesar 42% sementara target pemberian ASI eksklusif secara nasional sebesar 80%. Masalah utama masih rendahnya penggunaan ASI di Indonesia adalah factor social budaya, kurangnya pengetahuan ibu hamil, keluarga dan masyarakat akan pentingnya ASI, serta jajaran kesehatan yang belum sepenuhnya mendukung.

Tujuan penelitian : menganalisis hubungan antara karakteristik ibu dengan pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Minggir Kabupaten Sleman.

Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Besar sampel sebesar 43 ibu yang memiliki bayi usia 6-12 bulan. Teknik sampling dilakukan dengan accidental sampling. Uji statistic yang digunakan adalah uji chi-square, dengan ? <0,05.

Hasil : tidak ada hubungan yang signifikan antara karakteristik ibu yaitu umur, paritas, jarak kelahiran, pendidikan, pekerjaan, dan tipe keluarga dengan pemberian Asi Eksklusif di Puskesmas Minggir Kabupaten Sleman.

Kata Kunci: Karakteristik ibu, ASI Eksklusif




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i1.58

Article Metrics

Abstract view : 3048 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1646 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats