FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

Lukken Januari Putri Rebanti, Jati Untari, Markus Gelar Kumara Agni

Abstract


Latar Belakang: Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai terdiri dari motivasi, kemampuan, pengetahuan, keahlian, pendidikan, pengalaman, pelatihan, minat, sikap kepribadian, kondisi-kondisi fisik dan kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosial serta kebutuhan egoistik. Kinerja perawat penting untuk peningkatan mutu rumah sakit. Di RSUD Panembahan Senopati Bantul terdapat beberapa masalah pada kinerja perawat.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kenerja perawat di ruang rawat inap RSUD Panembaan Senopati Bantul.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian survei analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2016. Tempat Penelitian di RSUD Panembahan Senopati Bantul. Populasi penelitian berjumlah 221 orang dengan jumlah sampel sebanyak 69 orang.

Hasil : Hasil uji fisher test pelatihan terhadap kinerja menunjukkan nilai signifikansi 0,001 dan nilai korelasi sebesar 0,417. Motivasi terhadap kinerja menunjukkan nilai signifikansi 0,006 dan nilai korelasi sebesar 0,371. Insentif terhadap kinerja menunjukkan nilai signifikansi 0,007 dan nilai korelasi sebesar 0,338.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pelatihan, faktor motivasi, dan faktor pemberian insentif dengan tingkat kinerja perawat di ruang rawat inap RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Kata Kunci: Pelatihan, motivasi kerja, pemberian insentif, kinerja




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i2.69

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats