SHIFT KERJA DAN PRODUKTIVITAS PEKERJA BAGIAN PENGGILINGAN DI PT. MADUKISMO YOGYAKARTA

Azir Alfanan, David Fido Setya Harmawan

Abstract


Latar Belakang: Kemampuan berproduktivitas seorang pekerja sangat tergantung pada pekerja itu sendiri. Oleh karena itu usaha-usaha peningkatan produktivitas kerja sebaiknya berpangkal tolak pada pekerja itu sendiri yang merupakan fungsi utama dari fungsi manajemen, yaitu bagaimana mendorong pekerja agar mau bekerja lebih giat, kompak dan efektif. Untuk itu agar produktivitas kerja pekerja lebih meningkat, maka organisasi tempat bekerja harus mampu menciptakan suasana kerja sedemikian rupa, sehingga setiap individu dapat memotivasi dari mereka sendiri untuk mau menyerahkan semua usaha produktif mereka demi kemajuan perusahaan. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja adalah shift kerja. Kerja shift merupakan pilihan dalam cara pengorganisasian kerja yang tercipta karena adanya keinginan untuk memaksimalkan produktivitas perusahaan sebagai pemenuhan tuntutan customer. Tujuan penelitian ini mengetahui produktivitas pekerja pada shift pagi, siang, dan malam.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik yang dipakai adalah Simple Random Sampling. Jumlah responden 60 orang yaitu masing-masing 20 orang dari shift pagi, siang, dan malam.

Hasil: Tidak terdapat perbedaan  yang signifikan antara produktivitas kerja karyawan shift pagi, siang, dan malam di bagian produksi PT. Madukismo Yogyakarta. Nilai F = 0,345 dan signifikansi p value = 0,710, p > 0,05.

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan produktivitas kerja karyawan shift pagi, siang, dan malam di bagian produksi PT. Madukismo Yogyakarta

 Kata Kunci: Produktivitas Kerja, Shift Kerja




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v1i2.23

Article Metrics

Abstract view : 689 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 426 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats