PENYEBAB MENINGKATNYA KEJADIAN DERMATITIS DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS II B KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

Nur Alvira, Dewi Faradilla Setia, Azir Alfanan

Abstract


Latar belakang: Penyakit dermatitis kontak di Indonesia merupakan penyakit tertinggi diantara 8 penyakit keturunan lainnya. Faktor penyebab tingginya kasus dermatitis adalah rendahnya kualitas lingkungan dan personal hygiene masyarakat. Kondisi lingkungan di Lapas yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat mempengaruhi rendahnya personal hygiene para penghuni, seperti hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Klinik Lapas Kelas II B Kabupaten Kotabaru, dimana data penyakit dermatitis pada tahanan laki-laki selalu menjadi urutan pertama dalam 10 besar penyakit.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara personal hygiene dengan kejadian dermatitis pada penghuni Lapas.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasi anallitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua penghuni lapas sebanyak 772 orang dengan sampel sebanyak 70 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan analisa data menggunakan fishers exact test dengan taraf kepercayaan 95%.

Hasil: Ditemukan 57 orang (81,4%) penghuni lapas mempunyai personal hygiene yang buruk dan 56 orang (80%) diantaranya menderita dermatitis. Hasil penelitian ini juga menyatakan bahwa setiap penghuni lapas yang mempunyai personal hygiene buruk memiliki resiko 2.13 kali dapat menderita dermatitis dan nilai P-Value sebesar 0.000 < ? (0.05) menyatakan bahwa ada hubungan antara personal hygiene dengan kejadian dermatitis pada penghuni lapas.

Kesimpulan: Personal hygiene buruk meningkatkan risiko kejadian dermatitis pada penghuni Lapas Kelas II B Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kata Kunci: Personal hygiene, dermatitis, penghuni lapas




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v2i1.60

Article Metrics

Abstract view : 711 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats