Hubungan Paparan Kebisingan dengan Stres pada Pekerja Bagian Weaving di PC GKBI Medari Sleman Yogyakarta

Maria Gasparina Sinamude, Ariyanto Nugroho, Azir Alfanan

Abstract


Menurut WHO di semua wilayah di Dunia tingkat kebisingan kerja masih menjadi masalah yang tinggi. Seperti di Amerika Serikat (AS), lebih dari 30 juta pekerja terpapar kebisingan berbahaya. Selanjutnya di Jerman, 4 sampai 5 juta orang (12−15% dari angkatan kerja) terpapar pada tingkat kebisingan yang berbahaya. Di Indonesia sendiri Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Pabrik Produksi Makanan Hewan Surabaya, melibatkan 34 responden yang di jadikan sampel penelitian mendapatkan hasil yaitu  dari 34 pekerja, 15% dinyatakan mengalami tingkat stres kerja rendah, 59% dinyatakan mengalami tingkat stres sedang, dan 26% dinyatakan mengalami tingkat stres kerja tinggi. Pada studi pendahuluan yang di lakukan di PC GKBI Medari pekerja yang di berikan kuesioner tentang stres kerja, yaitu pekerja mengalami stres kerja sangat berat, pekerja mengalami stres kerja berat dan pekerja mengalami stres kerja ringan. Serta dilakukan pengukuran kebisingan pada bagian Air Jet Loom (AJL) dengan hasil sebesar 96 dB dan  bagian  Loom 3  sebesar 99,1 dB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan paparan  kebisingan dengan stres pada pekerja bagian weaving di  PC GKBI Medari Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Jumlah sampel 81 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Random Sampling. Analisis dalam penelitian ini adalah uji korelasi Kendall Tau. Hasil analisis data di ketahui bahwa, pekerja yang bekerja pada lokasi dengan paparan kebisingan di bawah NAB dan mengalami stres kerja sedang sebanyak 11 orang dengan persentase 13.6%, sedangkan pekerja yang berada pada lokasi dengan paparan kebisingan dibawah NAB dan mengalami stres kerja berat sebanyak 0% orang dengan persentase 0%. Selanjutnya Pekerja yang berada pada lokasi dengan paparan kebisingan diatas NAB dan mengalami stres kerja sedang sebanyak 53 orang dengan persentase 65.4%, sedangkan pekerja yang berada pada lokasi dengan paparan kebisingan diatas NAB dan mengalami stres kerja berat sebanyak 2 orang dengan persentase 2.5%. Hasil perhitungan dengan uji Kandall Tau pada penelitian didapatkan hasil yaitu nilai p value sebesar 0.038 ( < 0.05 ) yang artinya ada hubungan paparan kebisingan terhadap stres kerja, sedangkan nilai Correlation Coefficient sebesar 0.229, berarti keeratan hubungan paparan kebisingan terhadap stres kerja pada pekerja bagian weaving di PC GKBI Medari Yogyakarta adalah sangat lemah.  Hasil ini menunjukan paparan kebisingan yang melebihi ambang batas di lingkungan kerja  dapat menimbulkan stres kerja pada kategori stres kerja sedang. Kesimpulannya ada hubungan paparan kebisingan terhadap stres pada pekeja bagian weaving.

 


Keywords


paparan kebisingan; stres kerja; PC GKBI Medari

Full Text:

PDF

References


Budiawan W, Ulfa EA, Andarani P. Analisis hubungan kebisingan mesin dengan stres kerja. J Presipitasi. 2016;Vol. 13 No:1–7.

Rachman SBP. Faktor Determinan Terhadap Stres Kerja Pada Pekerja Bagian Produksi Di PT Indogravure Tahun 2017. Vol. 53, Occupational Medicine. Universitas Islam Negeri Syaif Hidayatullah Jakarta; 2017.

Leli.Hesty Indriyanti P dan K. Hubungan paparan kebisingan terhadap pengingkatan tekanan darah pada pekerja. Kedokt dan Kesehat. 2019;15.

Ukkas I. Faktor yang menempengaruhi produktifitas tenaga kerja Industri kecil Kota Palopo. J Islam Educ Manag. 2017;2(2):200.

Safitri D, Utama K, Insani S. Pengaruh kebisingan terhadap stres kerja pada tenaga kerja di Industri Penggilingan Padi. J Kesehat Lingkung Ruwa Jurai. 2021;15(50):77–84.

Ekaningtyas SW. Pengaruh sistem shift kerja terhadap stres kerja karyawan bagian operator di SPBU Baratan Jember. Universitas Jember; 2016.

Juliyati R, Saam Z, Nopriadi. Hubungan shift kerja dan kebisingan dengan stres kerja pada Karyawan Bagian Produksi Gilingan PT . Riau Crumb Rubber Factory Pekanbaru. 2014;1:88–96.

Aulia L, Kawatu PAT, Langi FLFG, Fakultas. Hubungan antara Beban Kerja dan Masa Kerja dengan Stres Kerja pada Security Check Point di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado. Med Scope J. 2019;1(1):16–20.

Abdullah RPI, Pramono SD, Ihsani IP. Hubungan Kebisingan dan Masa Kerja terhadap Jenis Ketulian dan Stress pada Pekerja PT . Semen Tonasa. UMI Med J. 2020;5(1):69–80.

Arianto ME. Gangguan Fungsi Pendengaran Pada Pekerja Di Bagian Komponen Logam Pt. Mega Andalan Kalasan (Mak) Kabupaten Sleman. J Formil (Forum Ilmiah) Kesmas … [Internet]. 2017;2. Available from: http://formilkesmas.respati.ac.id/index.php/formil/article/view/65

Desima R. Tingkat Stres Kerja Perawat Dengan Prilaku Caring Perawat. J Keperawatan. 2013;4:43–55.

Budiyanto T, Pratiw EY. Hubungan Kebisingan dan Masa Kerja terhadap terjadinya Stres Kerja pada Pekerja di Bagian Tenun Agung Saputra Tex Piyungan Bantul Yogyakarta. Kesehat Masy. 2010;4:126–35.

Indonesia PPR. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan. 2013.

Fadhli SM, Harahap A, Syapsan. Prospek Industri Kain Tenun Melayu Siak Di kabupaten Siak Sri Indrapura. Jom FEKON. 2015;2:1–15.

Sucipto CD. Keselamatan dan Kesehatan kerja. Yogyakarta: Gosyen Publishing; 2014. 16 p.

PERMENAKER. Peraturan Menteri Ketenaga Kerjaan Republik Indonesi Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan Kerja. 2018.

Amar DM, Lusiana D, Nuryanto MK. Hubungan Kebisingan Dengan Kejadian Hearing Loss dan Stres Kerja Di Area Produksi PT . X. J Kesehat. 2019;V(1):1–12.

Wiediartini, Dermawan D. Pengaruh kebisingan dan iklim kerja terhadap stres kerja di pabrik produksi makanan hewan. J Res andTechnology. 2019;5(1):30–40.

Apladika, Denny HM, Wahyuni I. Hubungan Paparan Kebisingan Terhadap Stres Kerja Pada Porter Ground Handling Di Kokapura Ahmad Yani Semarang. J Kesehat Masy. 2016;4:630–6.

Yusmardiansyah, Zhara G. Hubungan kebisingan dengan stres kerja pada perkerja bagian produksi Di PT Mitra Bumi. J Kesehat Masy. 2019;3:23–30.

Aziz MT. Analisis Tingkat Kebisingan, Masa Kerja, Shift Kerja Trehadap Stres Kerja Pada Karyawan Di PT. Bintang Asahi Textile Industri Kab. Sragen. 2018.

Saputra AI, Diza M. Hubungan Intensitas Kebisingan Dengan Tingkat Stres Kerja Pada Pekerja Area Workshop PT. Bintang Intipersada Shipyard Batam. Zo Kedokt. 2019;9(3):65–74.

Barus YM. Hubungan Kebisingan Terhadap Stres Kerja Di Area Produksi PT. Pabrik Es Siantar Tahun 2021. 2021.

HZ H, Ulfah M. Analisis Faktor Lingkungan Fisik Terhadap Risiko Stress Analysis of Psysical Environmental Factor Against the Risk of. J Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati. 2018;3(2):111–6.

Parinduri AI, Ginting LRB, Irmayani, Prabaja RE. Hubungan Lama Kerja Dan Kebisingan Dengan Stres Kerja Pada Pekerja Unit Produksi Paving Block Di Ud. Rizki Assila Ulfa Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. J Kesmas Dan Gizi. 2020;3(1):91–7.




DOI: https://doi.org/10.35842/formil.v7i1.380

Article Metrics

Abstract view : 1297 times
PDF - 271 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats